Jumat 11 Nov 2016 15:38 WIB

Purwakarta akan Bangun Lima Jembatan

Rep: Ita Nina W/ Red: Indira Rezkisari
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, berencana akan menuntaskan pembangunan infrastuktur. Termasuk, membuat jembatan baru yang jadi penghubung antarwilayah. Terutama yang menghubungkan antara warga di perbatasan Purwakarta dan Subang. Karenanya pada 2017 nanti, ada lima jembatan baru yang akan dibangun daerah ini.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, lima jembatan ini merupakan kado bagi masyarakat di akhir kepemimpinannya. Pasalnya, dari kelima jembatan itu, dua diantaranya akan menghubungkan wilayah di perbatasan Purwakarta-Subang. Yakni, yang melintasi Sungai Cilamaya.

"Masyarakat di perbatasan itu terpaksa menyeberangi Sungai Cilamaya dengan perahu," ujar Dedi, Jumat (11/10). Tahun depan pihaknya ingin akses jalan darat masyarakat di perbatasan jadi lebih mudah. Sedangkan tiga jembatan lagi, merupakan penghubung antar desa. Bahkan, tiga jembatan ini kedepannya akan menjadi akses darat yang menghubungkan dengan lokasi pariwisata.

Kelima jembatan itu adalah jembatan Sungai Ciherang yang menghubungkan Desa Situ (Kecamatan Pasawahan) dengan Desa Parakan Lima (Kecamatan Jatiluhur). Kemudian, Jembatan Sungai Ciherang yang menghubungkan Ciawitali dan Bungurjaya, Kecamatan Pondoksalam.

Selanjutnya, jembatan Sungai Cilamaya yang menghubungkan Desa Mekarjaya (Kecamatan Cibatu) dengan Desa Banggala Mulya, Kecamatan Cipendeuy, Subang. Lalu, jembatan Sungai Cilamaya yang menghubungkan Desa Cikadu (Cibatu) dan Desa Cimayasari, Cipendeuy, Subang. "Terakhir, Jembatan Cigarunggang, yang menghubungkan masyarakat Sukatani dan Jatiluhur," ujar Dedi.

Alokasi anggaran untuk pembangunan kelima jembatan sekitar Rp 75 miliar. Masing-masing jembatan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Wakil DPRD Kabupaten Purwakarta Neng Supartini sangat setuju dengan langkah bupati yang ingin menuntaskan pembangunan infrastruktur. "Kami mendukung dan mengapresiasi. Sebab, jalan dan jembatan sama-sama pentingnya bagi masyarakat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement