Jumat 04 Nov 2016 09:11 WIB

Stasiun Bekasi Dipadati Massa Aksi 4 November

Rep: Kabul Astuti/ Red: Hazliansyah
Massa aksi damai Bela Agama yang akan menuju Masjid Istiqlal, Jakarta, memadati Stasiun Bekasi, Jumat (4/11).
Foto: Kabul Astuti
Massa aksi damai Bela Agama yang akan menuju Masjid Istiqlal, Jakarta, memadati Stasiun Bekasi, Jumat (4/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Stasiun Bekasi, Jalan Ir H Juanda, Kota Bekasi dipadati ribuan umat Islam berpakaian putih-putih yang akan mengikuti Aksi Bela Islam II. Massa dari kota dan kabupaten Bekasi hendak berangkat ke Jakarta menggunakan KRL Commuter Line.

Banyak yang membawa bendera, poster, dan mengenakan atribut ormas. Antrian di loket berjubel, bahkan mengular panjang. Tak hanya umat berpakaian putih-putih, ada pula ormas yang mengenakan pakaian adat Betawi.

Atik Yustiani (23 tahun) datang dari Cikarang, Kabupaten Bekasi bersama delapan orang teman pengajiannya. Ia berangkat dari Cikarang pada pukul 07.00 WIB dengan menumpang angkutan umum. Atik sudah antre tiket selama hampir setengah jam.

"Membela agama Allah. Menuntut keadilan buat agama Allah yang dilecehkan. Kalau misalkan negara sudah mengadili mungkin aksi 4 November ini nggak bakalan terjadi," kata Atik kepada Republika.co.id, Jumat (4/11), yang diamini oleh teman-temannya.

Atik yakin aksi kali ini akan berlangsung damai seperti aksi sebelumnya. Ia mengatakan, kedatangan massa ke ibukota mempunyai tuntutan tunggal, yakni keadilan bagi agama Allah. Ia sudah mempersiapkan bekal minuman, makanan, dan obat-obatan. "Yang penting niat bismillah."

Ibnu (54 tahun) datang dari Margahayu, Bekasi timur. Demi mengikuti aksi 4 November, Ibnu menutup kiosnya dan berangkat dari rumah pada pukul 07.00 WIB. Ia membawa beberapa bekal minuman, makan, dan peralatan shalat.

Ibnu menyatakan niatnya mengikuti aksi 4 November untuk meramaikan panggilan kaum Muslimin. Ia mendukung tuntutan massa umat Islam agar negara segera melakukan proses hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama. Lelaki 54 tahun ini takjub melihat semangat umat Islam untuk ikut aksi 4 November.

"Kesadaran beragama dan ketauhidan mereka sudah mulai terbuka, agama tidak hanya berdasarkan tradisi. Sekarang semua beragama berdasarkan ilmu," kata Ibnu.

Ia yakin tidak akan ada kerusuhan. Menurutnya, umat Islam berangkat dengan rasa damai dari rumah masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement