Kamis 03 Nov 2016 17:45 WIB

Harga Cabai Rawit di Kota Malang Meroket dalam Sehari

Rep: Christyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pedagang menyortir cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta, Ahad (13/3).
Foto: Republika/ Wihdan
Pedagang menyortir cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta, Ahad (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Harga cabai rawit di Kota Malang hari ini (3/11) meningkat tajam jika dibandingkan kemarin. Seorang pedagang di Pasar Besar bernama Agus Salam mengungkapkan harga cabai rawit per kilogram naik hingga Rp 10 ribu dalam sehari.

Jika kemarin cabai rawit dijual seharga Rp 40 ribu per kilogram maka hari ini meroket menjadi Rp 50 ribu per kilogram. "Stok menipis karena hujan terus menerus," jelasnya saat ditemui pada Kamis (3/11) di kiosnya.

Selama ini ia dan para pedagang lainnya mengambil stok dagangan di Pasar Induk Gadang. Cabai-cabai tersebut didatangkan dari petani di Probolinggo dan Besuki.

Menurut Agus, naiknya harga cabai kala musim hujan adalah hal yang lumrah. Tak hanya cabai, beberapa komoditi lain ikut naik yaitu cabai merah besar dan bawang merah. Cabai merah besar naik menjadi Rp 58 ribu per kilogram setelah kemarin ada di harga Rp 56 ribu per kilogram.

 

Sedangkan bawang merah yang kemarin dijual Rp 38 ribu per kilogram, hari ini naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Meningkatnya harga-harga tersebut berimbas pada banyaknya dagangan yang ia ambil.

Sekali kulakan, ia mengambil cabe rawit  sebanyak 40 kilogram, bawang merah 70-100 kilogram, dan cabe merah besar 20 kilogram. "Ambil barang agak dikurangi 10-20 persen karena biasanya pembeli juga berkurang kalau tahu harga naik," ungkapnya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement