Rabu 02 Nov 2016 17:29 WIB

Waduk Jatiluhur Diserbu Eceng Gondok

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ani Nursalikah
Waduk Jatiluhur, Desa Galumpit.
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Waduk Jatiluhur, Desa Galumpit.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta diserbu kawanan eceng gondok. Tumbuhan dengan nama latin Eichornia crassipes ini, tampak bergerombol menghiasi waduk terbesar di Jawa Barat tersebut. Akibat kondisi itu, PJT II Jatiluhur harus membersihkan tumbuhan tersebut setiap hari.

Direktur Pengelolaan Air PJT II Jatiluhur, Harry M Sungguh mengatakan eceng gondok ini merupakan kiriman dari hulu, yakni dua waduk di atas Jatiluhur. Seiring dengan besarnya air yang masuk, maka gerombolan eceng gondok ini akan bertambah banyak.

"Tapi, eceng gondok ini tidak membahayakan," ujar Harry, kepada Republika.co.id, Rabu (2/11).

Dengan begitu, bila eceng gondok ini terbawa sampai morning glory atau sumur pelimpas, tidak akan ada masalah karena akan langsung keluar melalui tail race. Karenanya, keberadaan eceng gondok ini tidak ada masalah.

 

Akan tetapi, jika jumlahnya sudah sangat banyak, maka pihaknya menerjunkan petugas untuk membersihkan eceng tersebut. "Setiap hari kita bersihkan," ujarnya.

Deni Supriyadi (43 tahun), salah seorang pemilik perahu di Waduk Jatiluhur mengatakan, keberadaan eceng gondok itu sangat menganggu aktivitas perahu. Sebab, bila kawanan eceng gondok melintas lalu mengenai mesin, maka perahu yang sedang melaju akan mati karena baling-balingnya terganggu oleh kawanan eceng.

"Justru kami yang dirugikan," ujarnya.

Menurut Dedi, setiap harinya ratusan perahu hilir mudik melintasi waduk tersebut untuk mengangkut ikan hasil budidaya di keramba jaring apung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement