Rabu 02 Nov 2016 16:19 WIB

Ribuan Anggota FPI dan FUI Sumsel Berangkat ke Jakarta

Rep: Maspril Aries/ Red: Angga Indrawan
Rute demo bela Alquran pada Jumat (4/11) besok.
Foto: IST
Rute demo bela Alquran pada Jumat (4/11) besok.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ribuan anggota Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam (FUI) Sumatra Selatan (Sumsel), Rabu (2/11) mulai berangkat ke Jakarta. Menggunakan bus, rombongan akan melewati perjalanan darat dari Palembang – Bakauheni – Merak – Jakarta.

Anggota ormas Islam tersebut berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi unjuk rasa penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan berlangsung 4 November. Ratusan anggota FPI Sumsel sebelum berangkat, berkumpul di sekretariat FPI jalan Dr M Isa, Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur (IT) II. Sebelum berangkat anggota FPI melaksanakan shalat zhuhur berjamaah.

Rombongan anggota FPI tersebut berangkat ke Jakarta menggunakan lima unit bus dan langsung dipimpin Ketua FPI Sumsel Habib Mahdi Bin M Sahab. Sebelum berangkat, anggota FPI tersebut satu persatu diperiksa kesehatannya oleh tim medis, di antaranya pemeriksaan tekanan darah.

Sementara itu anggota Front Umat Islam (FUI) Sumatra Selatan berangkat ke Jakarta melalui perjalanan darat dan udara. Menurut Ketua FUI Sumsel Umar Said, sekitar 1.000 anggota FUI berangkat ke Jakarta. “Hari ini anggota FUI diberangkatkan melalui perjalanan dengan kereta api ke Bandarlampung dan terus ke Jakarta, ada yang membawa mobil sendiri dan ada juga yang menggunakan pesawat udara,” ujarnya.

Menurut Umar Said, seluruh anggota FUI yang berangkat tersebut tidak ada yang difasilitasi. Mereka berangkat dengan uang pribadi masing-masing. “FUI tidak memberikan fasilitas untuk anggotanya yang berangkat ke Jakarta,” katanya.

Sementara itu, anggota FPI Sumsel berangkat ke Jakarta selain menggunakan bus, juga mempersiapkan bekal untuk diperjalanan dan selama berada di Jakarta seperti mi instan dan air minum dalam kemasan. Ada ratusan kardus mi instan dan air minum yang dipersiapkan untuk dibawa ke Jakarta.

Sementara itu, menurut Panglima FPI Palembang Ali Zainuddin, anggota FPI berangkat dari Palembang pada Rabu siang (2/11) dan diperkirakan tiba di Jakarta pada Kamis pagi (3/11). Selanjutnya, rombongan melakukan konsolidasi dengan pengurus FPI Pusat. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement