Sabtu 29 Oct 2016 11:36 WIB

Warga Garut Dapat Pengobatan Gratis

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Pemeriksaan dokter dalam rangka pengobatan gratis ke masyarakat.
Foto: Prayogi/Republika
Pemeriksaan dokter dalam rangka pengobatan gratis ke masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Warga Kabupaten Garut khususnya di Kelurahan Haurpanggung Kecamatan Taragong Kidul mendapat pengobatan gratis dari Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) pada Sabtu, (28/10). Setidaknya seratusan orang hadir dalam ajang pengobatan gratis yang dilaksanakan di TK Ash Sholihin, dekat Terminal Guntur itu.

Acara pengobatan gratis tersebut merupakan rangkaian dari acara Bisik Daun ti Garut. Acara itu digagas oleh sejumlah organisasi yaitu Wanadri, Lima Amanah, MER-C, PA Ibu Aledja, ITB 83, Iluni UI dan Sumber Alam. Rangkaian pengobatan gratis adalah acara pertama, setelah itu ada panggung hiburan dan nonton film bersama hingga malam hari.

Warga sekitar merasa amat terbantu dengan adanya pengobatan gratis. Salah satunya adalah Maman, yang menderita sakit pada kakinya. Ia merasa kesulitan berobat karena tingginya biaya. Sehingga ia berharap acara pengobatan gratis bisa sering dilakukan.

"Saya kakinya suka sakit. Kayaknya sih kena asam urat, kalau berobat mahal. Jadi alhamdulilah ada pengobatan gratis," katanya pada Republika.co.id.

Salah satu relawan MER-C, Khaulah Syifa Kabul menjelaskan pengobatan gratis dimulai dari pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu, pasien menimbang berat badan dan mengecek tensi darah. Selanjutnya barulah pasien menunggu giliran untuk dipanggil dokter.

Jika sudah diperiksa, pasien akan mendapatkan obat yang tersedia dan sesuai untuk mengatasi penyakitnya. "Di sini pasien tensi darah dulu, baru konsulitasi ke dokter untuk diketahui penyakitnya dan diberikan obat yang sesuai," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement