Rabu 26 Oct 2016 08:39 WIB

BPBD Kota Sukabumi Siaga Hadapi Bencana

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor di Kabupaten Kuningan (ilustrasi).
Foto: bpbd.kuningankab.go.id
Pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor di Kabupaten Kuningan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Hal tersebut menyikapi tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini. "Untuk menghadapi bencana, kami mengecek langsung ke setiap kelurahan dan kecamatan," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Rabu (26/10).

Misalnya pada Selasa (25/10) lalu BPBD memantau kelurahan tangguh bencana di Kecamatan Citamiang. Menurut Zulkarnain, di Kota Sukabumi terdapat sejumlah kelurahan tangguh bencana seperti di Kecamatan Citamiang dan Cikole. Keberadaan daerah tersebut dipersiapkan untuk menghadapi bencana. Terutama dalam bidang pencegahan bencana.

Targetnya terang Zulkarnain, masyarakat di kawasan rawan bencana akan terbiasa waspada dalam menghadapi kemungkinan bencana. Intinya, warga di daerah rawan paham mengenai standar operasional prosedur (SOP) ketika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Jenis bencana yang seringkali terjadi di Sukabumi antara lain longsor, banjir, angin puting beliung, dan kebakaran. Mayoritas bencana yang terjadi adalah longsor yang terjadi di sejumlah lokasi.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana di tengah tingginya intensitas hujan. "Aparat di lapangan juga sudah diminta siaga menghadapi bencana," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement