Selasa 25 Oct 2016 18:01 WIB

Setelah 32 Tahun, 3 Desa di Kotawaringin Timur Teraliri Listrik

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan listrik PLN
Foto: M Syakir/Republika
Jaringan listrik PLN

REPUBLIKA.CO.ID, KOTAWARINGIN TIMUR -- PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng), melalui program Listrik Desa (Lisdes) meresmikan penyalaan listrik di tiga desa terletak di Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, pada Senin (24/10). Tiga desa yang diresmikan adalah Desa Batu Agung, Desa Tri Buana dan Desa Bukit Indah.

Bupati Kotawaringin Timur Sopian Hadi mengatakan walaupun akses menuju ketiga desa tersebut sangat sulit, namun PLN berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan listrik sepanjang 49 kilo meter sirkuit (kms). Sebanyak 24 kms dibangun PLN melalui program listrik desa, sedangkan 25 kms sharing antara PLN bersama PT Unggul Lestari.

"Setelah 32 tahun ketiga desa ini berdiri, akhirnya hari ini sejarah mencatat, masyarakat  Desa Batu Agung, Desa Tri Buana dan Desa Bukit Indah dapat menikmati aliran listrik," ujar Sopian.

Jumlah pelanggan yang dinyalakan di Desa Batu Agung sebanyak 228 pelanggan, Desa Tri Buana sebanyak 101 pelanggan serta Desa Bukit Indah sebanyak 228 pelanggan. Sehingga total pelanggan yang memperoleh listrik dari Lisdes ini mencapai 557 pelanggan dan akan terus bertambah seiring dibukanya permohonan penyambungan baru oleh PLN.

Untuk menghindari berbagai gangguan yang dapat menyebabkan listrik padam, ia menyerukan agar masyarakat melakukan gotong royong dan turut serta membantu PLN membersihkan kawasan yang dilalui jaringan listrik dari ranting dan pepohonan. Dengan demikian jika cuaca buruk, pohon di sekitar jalur jaringan listrik tidak mengganggu aliran listrik.

Manajer Bidang Niaga PLN Kalselteng M.Aries mengatakan PLN telah berinvestasi sebesar lebih dari 11 miliar untuk mengalirkan listrik kepada masyarakat. Investasi sebesar itu dikucurkan selain untuk membangun jaringan listrik juga untuk membangun Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 13 kms dan Trafo sebanyak 7 unit dengan total kapasitas mencapai 500 kilo Volt Ampere (kVA).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement