Selasa 18 Oct 2016 23:17 WIB

Menkes Ajak Anak Muda Peduli Kesehatan Masyarakat Pedalaman

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Angga Indrawan
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/7). (Antara/Sigid Kurniawan)
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/7). (Antara/Sigid Kurniawan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak anak-anak muda ikut peduli dengan kesehatan masyarakat di pedalaman, perbatasan dan pegunungan. Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek meyakini, anak muda mampu menjadi ujung tombak dalam mengubah perilaku masyarakat, untuk lebih baik.

"Mereka anak-anak muda, bagaimana mengubah perilaku masyarakat agar sadar. Hal yang harus dilihat pemerintah, pembangunan futuristik," kata dia dalam acara Gala Movie Premiere Antologi Film Dokumenter Eagle Awards - Indonesia Sehat di Jakarta, Selasa (18/10).

Eagle Awards Documentary Competiton 2016 merupakan penyelenggaran yang ke-12 kali. Eagle Awards Documentary Competiton 2016 mengambil tema Indonesia Sehat. Tema tersebut menyoroti, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan, inovasi dan pembangunan, serta partisipasi publik.

Nila mengatakan Eagle Awards 2016 memotret bagaimana kondisi masyarakat dan petugas kesehatan di pedalaman. Ia mengingatkan, Indonesia merupakan negara besar yang dengan kondisi geografis kepulauan. Namun, banyak masyarakat yang belum merasakan keadilan, baik dari segi infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

"Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) inginkan kita hadir. Kami akhirnya memikirkan bagaimana bisa. Akhirnya kami mendistribusikan tenaga kesehatan di daerah terpencil," ujar Nila.

Ia berharap, film dokumenter bertema kesehatan itu, mampu menyadarkan bahwa Indonesia punya SDM yang kuat dan berkualitas. "Negara kita cukup berat ada sekitar 17 ribu pulau dan mereka berhak untuk kesehatan dan pendidikan,"  lanjutnya.

Nila menilai, menjaga kesehatan bukan hanya tugas Kemenkes. Namun lintas kementerian, LSM dan anak muda. Ia berharap, SDM Indonesia mampu menciptakan IT yang mendukung akses kesehatan masyarakat pedalaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement