Rabu 12 Oct 2016 06:29 WIB

Kapolri Ingatkan Pilkada 2017 Harus Damai

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengingatkan bahwa tolak ukur keberhasilan pemilihan kepala daerah serentak harus diwarnai dengan kesejukan dan kedamaian. Tito meminta agar kepolisian dan pegawai negeri sipil lainnya harus bersikap netral dalam menjalankan fungsi kinerjanya masing-masing.

"Kepolisian dan Panwaslu sinergi untuk mengawal dan mengawasi jalannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017," katanya di Kabupaten Bekasi, Selasa (11/10).

Selain itu, Tito juga mengingatkan kepada pasangan calon dan pendukung harus memberikan semangat positif, media juga harus memberitakan yang sejuk, jangan memihak satu sama lain. Ia menambahkan politik di Indonesia saat ini sudah beranjak dewasa dengan menginjak usia yang ke-18. Sehingga sebagai negara demokrasi tidak seharusnya membuat konflik yang merugikan masyarakat banyak.

"Reformasi Indonesia sudah berjalan selama 18 tahun, kedewasaan sikap politik diperlukan untuk menjaga demokrasi Republik Indonesia," katanya.

Dalam peranannya kepolisian akan lakukan penjagaan ketat dan mengerahkan semua anggota untuk melakukan pengawalan, serta pengamanan guna tercipta suasana kondusif. Selain itu juga disiagakan unit khusus Siber guna menelusuri jejak para ujaran kebencian yang sering bermunculan saat terjadi Pilkada yang akan dilakukan pada beberapa daerah yang melakukannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement