Senin 10 Oct 2016 10:17 WIB

Dinkes Lebak Optimalkan Pospindu untuk Cegah Diabetes

Suntik insulin bagi penderita diabetes
Foto: Telegraph
Suntik insulin bagi penderita diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengoptimalkan pos pembinaan terpadu (Pospindu) guna mencegah penyakit diabetes melitus. "Semua Puskesmas di Lebak melayani Pospindu untuk mendeteksi penyakit tidak menular (PTM)," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Senin (10/10).

Pengoptimalan pelayanan kesehatan dasar melalui Pospindu untuk mencegah PTM yang bisa mematikan penderita. Di antaranya penyakit diabetes melitus. Untuk itu, Firman mengatakan masyarakat harus berinisiatif untuk mendeteksi dini penyakit diabetes sebagai bentuk pencegahan. Sebab, diabetes merupakan penyakit progresif yang akan tambah berbahaya apabila terlambat dideteksi.

Saat ini, jumlah kasus penyakit diabetes di Kabupaten Lebak cukup menonjol hingga mencapai 5.000 penderita. Selain itu juga laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memproyeksikan diabetes akan masuk ke dalam 10 besar penyebab utama kematian pada 2030 akibat komplikasi yang ditimbulkannya.

Karena itu, pemerintah daerah melayani Pospindu untuk mendeteksi PTM agar tidak menimbulkan komplikasi. "Kami yakin jika seseorang sudah terdeteksi melalui Pospindu menghidap gejala diabetes maka bisa dilakukan pencegahan secara berkepanjangan sehingga usia harapan hidup (UHH) meningkat," katanya.

Menurut dia, penyakit diabetes melitus dalam jangka panjang bisa menimbulkan gangguan kepada fungsi organ-organ tubuh yang lain. Seperti stroke, gagal ginjal, glaukoma, serangan jantung dan hipertensi hingga menimbulkan komplikasi. Sebetulnya, penderita diabetes melitus bisa mempertahankan kualitas hidupnya jika membudayakan pola hidup sehat. Seperti olahraga teratur, makan makanan sehat teratur dan kurangi konsumsi karbohidrat, lemak dan gula.

"Selain itu juga secara rutin memeriksakan kadar diabetesnya kepada petugas medis, temasuk gejala dini," katanya.

Biasanya, gejala dini diabetes adalah cepat lelah dan lapar. Sering haus dan kencing, berat badan turun, luka sulit sembuh, sering kesemutan, rabun dan infeksi vaginal. "Kami optimitis dengan Pospindu bisa mencegah PTM, termasuk diabetes melitus itu," ujar Firman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement