Senin 10 Oct 2016 06:12 WIB

Kereta Bandara Adi Sumarmo di Solo Segera Dibangun

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, integrasi antarmoda transportasi harus terus dibangun di berbagai kota di Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan mobilitas masyarakat dan meningkatkan daya saing kota.

"Di Kota Solo akan dibangun jalur kereta menuju Bandara Adi Sumarmo dari Stasiun Solo Balapan. Ini akan memberikan dampak yang positif bagi kota Solo dan Bandara Adi Sumarmo," katanya dalam siaran persnya, Ahad, (9/10).

Pembangunan jalur KA Bandara Adi Sumarmo Solo akan dilakukan oleh tiga BUMN yaitu PT. Kereta Api Indonesia, PT. Angkasa Pura I dan PT. Adhi Karya. Ia menyampaikan apresiasi kepada ketiga BUMN tersebut dan ke depannya pola-pola pembangunan seperti ini yang akan terus dikembangkan karena keterbatasan dana APBN.

Jalur KA Bandara Adi Sumarmo, terang Budi, akan menghubungkan Bandara Adi Sumarmo Solo dengan Stasiun Balapan. Ini juga bisa langsung menuju Yogyakarta dengan kereta Prambanan Express (Pramex).

"Jalur kereta ini nantinya juga diharapkan akan membagi beban Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Ini juga  meningkatkan daya saing  bandara Adi Sumarmo, mudah-mudahan dengan pembangunan ini makin banyak orang yang mau turun di Solo."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement