Jumat 07 Oct 2016 19:59 WIB

Pertamina Tanam 500 Terumbu Karang di Selat Lembeh

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Hazliansyah
Penanaman Terumbu Karang (ilustrasi)
Foto: Antara foto/DAVID MUHARMANSYAH
Penanaman Terumbu Karang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BITUNG -- PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup Kota Bitung menanam 500 bibit terumbu karang di Selat Lembeh, Jumat (7/10). Kegiatan bernama "Underwater Coral Plantation" ini menjadi rangkaian acara Festival Pesona Selat Lembeh.

‎500 bibit terumbu karang tersebut ditanam oleh 200 relawan penyelam lokal dan internasional.

VP CSR & SMEPP Pertamina, Kuswandi mengatakan, Sulawesi merupakan daerah yang  dianugerahi keindahan bawah laut yang sangat luar biasa dibandingkan daerah lain, khususnya Sulawesi Utara.

"Kita harus sama-sama melestarikan dan menjaganya, dan Pertamina berkomitmen untuk itu," kata Kuswandi melalui siaran pers, Jumat (7/10).

Sepanjang tahun ini, Pertamina sudah menanam 40 ribu terumbu karena di seluruh Indonesia. Khusus Sulawesi, terumbu karang yang ditanam jumlahnya mencapai lebih dari 10 ribu.

Wali Kota Bitung Maximilian Jonas Lomban mengapresiasi kegiatan penanaman bibit terumbu karang. Menurutnya, sudah sepatutnya perusahaan swasta dan BUMN berpartisipasi menyelamatkan keanekaragaman hayati bawah laut.

"Kegiatan yang dilakukan Pertamina ini menjadi pionir di Bitung dan kami harapkan yang lainnya mengikuti jejak Pertamina ini," katanya.

Kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh ini merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk rasa syukur terhadap kekayaan laut Bitung yang melimpah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement