Jumat 07 Oct 2016 14:23 WIB

Longsor Terjang Jalan dan Rusak Jembatan di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andri Saubani
Perbaikan jalan longsor. (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Perbaikan jalan longsor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Sejumlah bencana alam menerjang Kabupaten Sukabumi pada Kamis (6/10) sore hingga malam hari. Dampaknya, sarana jalan penghubung Palabuhanratu-Cibadak sempat terputus dan sebuah jembatan di Kecamatan Cidahu ambles. “Dari laporan yang masuk ada empat kasus bencana yang terjadi pada Kamis,’’ ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Irwan Fajar kepada Republika, Jumat (7/10). 

Dari empat kasus itu, satu bencana di antaranya cukup besar yakni longsor yang menutup jalan raya utama Palabuhanratu-Cibadak di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar. Kejadian tersebut menyebabkan akses jalan dari Palabuhanratu dan sebaliknya dari Cibadak maupun Bogor terputus. Arus kendaraan dari Bogor yang menuju Palabuhanratu dialihkan melalu jalur Cikidang.

Informasi dari BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Selain longsor, di desa tersebut juga terjadi banjir bandang yang terjadi hanya beberapa saat. Saat ini terang Irwan, material longsor telah dibersihkan dengan dua kendaraan alat berat milik Dinas Bina Marga. Proses pembersihan jalan dari material longsor dilakukan sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari.

Upaya pembersihan jalan, ungkap Irwan, harus dilakukan dengan cepat. Jalan tersebut merupakan akses utama dan menjadi andalan bagi warga Sukabumi menuju Palabuhanratu maupun sebaliknya ke Bogor. Menurut Irwan, bencana terjadi setelah tebing di pinggir jalan longsor dan menutup sebagian besar badan jalan. Bencana tersebut terjadi akibat derasnya hujan pada Kamis sore. 

Beruntung, pada saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak ada warga yang menjadi korban. Irwan mengungkapkan, di jalan yang terkena longsoran tersebut telah dipasang rambu peringatan untuk berhati-hati. Khususnya, ditujukan kepada pengguna jalan baik kendaraan roda empat maupun seped motor.

Selain longsor di Cikembar kata Irwan, bencana juga menyebabkan sebuah jembatan di Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu amblas Kamis malam. Jembatan tersebut menghubungkan antara Desa Tangkil dengan Desa Caringin, Kecamatan Cicurug. “Saat ini tim BPBD juga telah dikerahkan ke lokasi jembatan amblas,” terang Irwan. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement