Senin 03 Oct 2016 19:36 WIB

Tim Ahok Bantah Minta Google Modifikasi Kata Kunci Pencari

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bayu Hermawan
Mesin pencari Google
Mesin pencari Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari pengguna internet (netizen) dibuat heboh oleh mesin pencarian Google. Bagaimana tidak, jika Anda mengetikkan kalimat "bersih karena Foke" maka akan muncul tulisan "Did you mean (mungkin maksud anda adalah): bersih karena Ahok".

Bukan hanya soal sungai saja, namun kata apapun yang diletakan di awal kalimat, akan tetap berubah menjadi karena Ahok. Seperti misalkan kita mengetik "Ketiak bersih karena Foke", maka akan muncul kalimat "Mungkin maksud anda adalah Ketiak bersih karena Ahok".

Menanggapi hal tersebut, tim pemenangan Ahok membantah telah meminta Google untuk memodifikasi kalimat kunci tersebut. "Nggak. Itu kan Google search," kata Wakil ketua Tim Pemenangan Ahok Wibi Andrino kepada Republika.co.id, Senin (3/10).

Dia pun mengakui tidak mengetahui siapa pihak yang melakukannya.  Meski begitu, politikus dari Partai Nasdem tersebut tak terkejut dengan apa yang terjadi di mesin pencarian Google itu.

"Karena faktanya memang di pemerintahan Ahok sungai baru terlihat lebih bersih," ujarnya.

Hingga kini belum diketahui siapa yang melakukan hal tersebut. Namun 'fenomena' ini bisa jadi sebagai buntut pernyataan bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Entah siapa yang membuat lelucon tersebut.

Namun hal ini diduga tak terlepas dari pernyataan bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu yang menyebut bahwa sungai di Jakarta kini tampak bersih berkat hasil rancangan Gubernur DKI Jakarta periode 2004-2009 Fauzi Bowo.

Ahok lantas merespons pernyataan Anies dengan guyonan. Ahok meminta Anies mencari kebenaran perihal siapa yang berhasil membuat sungai di DKI Jakarta menjadi bersih.

"Sebenarnya Pak Anies kalau mau lebih rajin, cari di Google saja. Ada orang kirim ke saya, iseng gitu ya 'sungai bersih karena Foke'. Tapi langsung ditulis did you mean: sungai bersih karena Ahok. Itu Google loh," kata Ahok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement