Senin 03 Oct 2016 08:56 WIB

Pembangunan Demosite Ekohidrologi di Waduk Saguling Rampung

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat / Ilustrasi (Republika/Rachmat Santosa Basarah)
Foto: Republika/Rachmat S Basarah
Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat / Ilustrasi (Republika/Rachmat Santosa Basarah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Asia Pacific Center for Ecohydrology (APCE) yang bernaung di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Indonesia Power Saguling berhasil membangun Demosite Ekohidrologi di Waduk Saguling Jawa Barat. Lokasinya terletak di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Direktur Eksekutif APCE, Ignasius Dwi Atmana Sutapa mengatakan tujuan pembangunan demosite ini untuk memberikan contoh pemecahan masalah sumber daya air dengan pendekatan ekohidrologi dan sekaligus sebagai stasiun lapangan untuk penelitian.

"Pembangunan demosite ini dalam jangka panjang harapannya dapat meningkatkan kualitas lingkungan perairan," kata Ignasius akhir pekan lalu.

Demosite ini merupakan tahap pertama terdiri dari tiga aspek, yaitu monitoring kualitas air sungan dan unsur-unsur cuaca, pemodelan simulasi ekohidrologi, serta pengendalian pencemaran air domestik, pertanian dan industri rumah tangga. Ignasius mengatakan lokasi demosite ini tepat berada pada salah satu sungai yang masuk Waduk Saguling, yaitu Sungai Cibitung yang mempunyai luas daerah tangkapan air 35,5 kilometer per segi.

Lokasinya berada di lahan sawah Sungai Cibitung yang mempunyai luas daerah tangakapan air 35,5 km2. Demosite itu dibangun pada lahan sawah di Kampung Curugan, Kelurahan Mukapayung, Cililin untuk mengendalikan pencemaran air dengan aplikasi fitoteknologi. Lahan yang dipergunakan untuk demosite tersebut merupakan aset Indonesia Power Saguling.

Selain demosite, pada lokasi tersebut juga dibangun fasilitas monitoring online cuaca dan Sungai Cibitung. Ignasius mengatakan latar belakang pembangunan demosite ini karena buruknya kondisi lingkungan air secara global.

"Ini membuat penurunan signifikan keanekaragaman hayatiseluruh dunia dan berdampak pada ekosistem secara keseluruhan," ujarnya.

Ini membuktikan pendekatan konvensional untuk pengelolaan sumber daya air sudah tidak memadai. Pendekatan ekohidrologi melalui pembangunan demosite menjadi salah satu solusi untuk masalah teknis permasalahan air tersebut.

Ekohidrologi memainkan peran penting dalam mendukung kebijakan sumber daya air yang berkelanjutan dan meningkatkan pembangunan sosial dengan partisipasi berbagai pihak di semua tingkatan melalui keberhasilan pengelolaan sumber daya air terpadu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement