Kamis 29 Sep 2016 19:31 WIB

Jokowi Minta Semua Daerah Terhubung Internet pada 2019

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Angga Indrawan
Presiden Joko Widodo
Foto: Reuters/Darren Whiteside
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proyek pembangunan jaringan fiber optik atau Palapa Ring di seluruh Indonesia selesai tepat waktu pada 2019. Jokowi ingin semua daerah dapat menikmati akses internet yang cepat. 

"Semuanya harus bisa diselesaikan tahun 2019. Saya akan kejar-kejar pak Menteri (Menkominfo Rudiantara)," kata Jokowi saat menyaksikan penandatanganan kerja sama Palapa Ring Paket Tengah dan Timur di Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/9). 

Jokowi mengatakan, Indonesia sangat membutuhkan perluasan akses internet. Akses internet yang memadai diyakini Jokowi dapat memajukan ekonomi digital di Indonesia. Apalagi, potensi ekonomi digital Indonesia pada 2020 diperkirakan bisa mencapai 130 miliar dolar AS. 

"Ini adalah potensi dan kekuatan yang sangat besar. Kalau kita tidak bergerak cepat, kita akan ditinggal bahkan justru diserang," ujarnya. 

Palapa Ring, kata Jokowi, merupakan proyek strategis pemerintah untuk memperluas konektivitas. Kata Jokowi, konektivitas bukan hanya persoalan pelabuhan, jalan, ataupun tol laut. Tapi juga konektivitas komunikasi. "Ini akan menjadi ton informasi yang diperlukan untuk kita ke depan," ucapnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement