Kamis 29 Sep 2016 20:43 WIB

Empat Paslon Wali Kota Sabang Uji Baca Alquran

Pilkada 2017. Ilustrasi
Foto: Republika/Mardiah
Pilkada 2017. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SABANG -- Empat pasangan calon (paslon) wali kota/wakil wali kota Sabang yang maju Pilkada 2017 sudah selesai mengikuti uji mampu membaca Alquran di Masjid Agung Babussalam, Sabang, Kamis (29/9).

"Semua paslon sudah selesai uji membaca Alquran dan besok akan diumumkan hasilnya melalui sidang pleno di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP)," kata Anggota Komisioner KIP Kota Sabang, Nurlina.

Uji mampu membaca Alquran bagi setiap paslon kepala daerah di Aceh yakni, gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati serta wali kota/wakil wali kota merupakan salah satu syarat yang wajib diikuti paslon. Menurutnya, uji mampu membaca Alquran turut melibatkan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Kantor Departemen Agama (Depag) serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Sabang.

"Uji mampu membaca Alquran awalnya direncanakan satu hari saja, tapi ada satu paslon yang berhalangan dan syukur hari ini sudah selesai," katanya.

Adapun paslon wali kota/wakil walikota Sabang yang sudah menyelesaikan uji mampu membaca Alquran yaitu, Zulkifli H Adam-Zuanda Ridwan (ZulWanda), Nazaruddin-Suradji Yunus (NaSu), Izil Azhar-Islamuddin dan Anwar-Sumardi. Ia menyebutkan keempat paslon itu sudah mengikuti tiga tahapan, yakni pendaftaran calon sejak tanggal 21-23, 24-25 dan 28-29 Oktober dan selanjutkan KIP akan melakukan sidang pleno hasil tes kesehatan serta hasil uji mampu membaca Alquran, Jumat.

"Besok KIP akan memplenokan hasil tes kesehatan dan uji mampu membaca Alquran dan selanjutkan KIP akan melakukan verifikasi faktual terhadap semua paslon. Sementara penetapan paslon diagendakan pada tangggal 24 Oktober 2016," sebutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement