Rabu 28 Sep 2016 21:32 WIB

Jamaah Haji Kabupaten Semarang yang Meninggal Bertambah

Rep: bowo pribadi/ Red: Budi Raharjo
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi)
Foto: Republika/ Amin Madani
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN -- Satu lagi ‘tamu Allah’ asal Kabupaten Semarang, Jawa Tengah meninggal dunia di Tanah Suci, Rabu (28/9) dini hari waktu Indonesia. Yang bersangkutan atas nama Sugimin Sastro, warga Kebondowo, Kecamatan Banyubiru.

Jamaah asal kloter 74 ini meninggal dunia dalam perawatan medis, di rumah sakit kota Jeddah. Sebelumnya, jamaah haji ini memang menderita sakit setelah tiba di Tanah Suci guna melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Perihal kabar ini, diamini oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Mukhtarom, yang dikonfirmasi di Ungaran. Pihaknya menerima kabar meninggalnya seorang jamaah haji asal kabupaten Semarang ini dari petugas haji di Makkah Rabu sekitar pukul 03.15 WIB. Dengan meninggalnya jamaah hasji asal Kebondowo ini, lanjutnya, maka sudah ada dua orang jamaah haji asal Kabupaten Semarang yang meninggal dunia di Tanah Suci.

Sebelumnya, seorang jamaah haji asal Gogodalem, Kecamatan Bringin atas nama Marjan Abu Tohir Idris (83) terlebih dahulu meghadap ‘Sang Khalik’ pada Sabtu (24/9) juga akibat mengalami sakit di Makkah. Marjan Abu Tohir, tercatat merupakan jamaah haji Kloter 73.

Dengan demikian, masih jelas Mukhtarom, dari total 583 jamaah haji asal Kabupaten Semarang yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji kali ini, masih menyisakan 581 orang jamaah. Dari jumlah jamaah haji yang tersisa ini semuanya dalam kondisi sehat, kecuali seorang jamaah haji yang saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit, di kota Jeddah. Yakni atas nama Masduki Cipto.

Yang bersangkutan merupakan jamaah haji yang berasal dari Kecamatan Tuntang dan tergabung dalam kloter 73. Jamaah haji ini mengalami sakit karena faktor usia yang telah lanjut. Mukhtarom juga menyampaikan, para jamaah haji asal Kabupaten Semarang tersebut dijadwalkan tiba di asrama haji Donohudan, Kabupaten Boyolali pada tanggal 7 Oktober 2016,  untuk kloter 47.

Sedangkan para jamaah kloter 73 dan kloter 74 dijadwalkan tiba pada 15 oktober 2016 mendatang. Rencananya, Kepala Kantor Kemenag kabupaten Semarang, Subadi dan sejumlah staf akan melakukan penyambutan para jamaah haji asal Kabupaten Semarang ini.

Seperti diketahui, ke-583 jamaah haji asal Kabupaten Semarang terbagi dalam tiga kloter. Masing- masing sebanyak 192 orang jamaah kloter 47, 192 orang jamaah kloter 73 dan 36 orang jamaah kloter 74. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement