Senin 26 Sep 2016 16:40 WIB

BMKG Lampung Prediksi Hujan Lebat Terjadi 3-4 Hari Mendatang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Angga Indrawan
Hujan lebat
Foto: Antara
Hujan lebat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi curah hujan lebat masih akan terjadi lagi pada tiga hingga empat hari mendatang. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada curah hujan yang tinggi tersebut.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto mengatakan, meski masih terjadi panas, namun pengaruh cuaca menimbulkan hujan dengan intensitas tinggi ataupun curah hujan tinggi bisa terjadi. “Tiga empat hari ke depan curah hujan (di wilayah Lampung) masih tinggi,” katanya, Senin(26/9).

Menurut dia, pada tiga hari ke depan belum bisa dipastikan curah hujannya. Namun, ia berharap masyarakat tetap waspada bila terjadi curah hujan yang tinggi. Wilayah yang harus dapat diantisipasi yakni Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Lampung Timur.

BMKG memprediksi hujan masih akan terjadi hingga akhir tahun bahkan sampai Januari. Namun intensitas dan curah hujan pada bulan-bulan ke depan tergolong masih rendah.

Dalam analisis prakirawan BMKG Lampung, fenomena yang sangat mungkin paling berpengaruh terhadap cuaca di Lampung yakni  sistem tekanan rendah di sebelah barat Lampung dan sirkulasi udara yang posisinya cukup dekat dengan wilayah Lampung.

Dari fenomena tersebut sangat berperan dalam mendukung tumbuhnya awan - awan konvektif di wilayah Lampung. Sehingga berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Lampung ketika hujan deras cukup intens mengguyur Lampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement