Jumat 23 Sep 2016 03:24 WIB

Meditation Centre, Tempat Beribadah untuk Semua Agama

Ruang beribadah bagi semua agama bernama Meditation Centre di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.
Foto: Republika/Erik PP
Ruang beribadah bagi semua agama bernama Meditation Centre di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Erik Purnama Putra, dari Amsterdam, Belanda

AMSTERDAM -- Bagi para wisatawan atau pelancong yang singgah di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda, pasti bakal menemukan adanya ruangan beribadah yang unik. Ruangan itu bernama Meditation Centre. Bagi penumpang yang ingin menunaikan shalat, tentu saja bisa dikerjakan di tempat tersebut.

"Itu tempat beribadah untuk semua agama. Tadi saya juga temukan Bibel di dalam ruangan," kata salah satu penumpang Cahyo Prayogo kepada Republika.co.id, kemarin.

Cahyo sempat menunaikan shalat Subuh di Meditation Centre. Dia mengaku menunaikan shalat di tempat tersebut karena pihak bandara tidak menyediakan ruangan khusus, seperti mushala bagi kaum Muslim.

Cahyo mengatakan, ketika sedang beribadah, ia juga sempat melihat seseorang bermata sipit yang beraktivitas mengetik di laptop di Meditation Centre. Dia memang tidak sempat menyapa orang itu, namun menduga berasal dari Cina. Cahyo sebenarnya tidak mempermasalahkan hal itu, namun hanya merasa janggal saja. Selama ini, ia tidak pernah menunaikan shalat di ruanga yang dapat dijadikan lokasi ibadah untuk semua agama, seperti di Bandara Schiphol. "Saya sempat bertemu warga Malaysia yang shalat di situ."

Pantauan Republika.co.id, Meditaton Centre terletak lantai dua bagian sayap utara bandara terbesar di Belanda tersebut. Dengan ruangan berukuran sekitar 5x5 meter, terdapat beragam buku dan kitab suci yang terpajang di rak, serta lukisan abstrak berukuran besar terpampang di dinding. Tersedia pula meja dan kursi yang dibentuk melingkar di tempat tersebut. Bagi Muslim yang mau melaksanakan shalat, harus turun ke lantai dasar menuju toilet untuk bisa berwudlu.

Dalam laman Bandara Schiphol, dijelaskan kalau ruangan Meditation Centre ini juga digunakan untuk kegiatan layanan gereja. Apakah dapat juga digunakan untuk yoga? Tentu saja!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement