Jumat 16 Sep 2016 14:10 WIB

'Republika Fun Science', Lapan akan Ajak Anak Buat Roket Air

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Peserta mengikuti kegiatan Republika Fun Science di Kantor Harian Republika, Jakarta, Sabtu (3/9).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Peserta mengikuti kegiatan Republika Fun Science di Kantor Harian Republika, Jakarta, Sabtu (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan 'Republika Fun Science' akan kembali digelar akhir pekan ini. Kali ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan turut serta untuk berbagi pengetahuan mengenai sains dengan cara asyik dan menyenangkan.

Kepala Lapan, Thomas Djamaludin mengatakan, besok anak-anak akan mempelajari cara kerja roket. Uniknya, Thomas akan memperagakannya dengan roket air. Nanti akan dijelaskan apa itu roket, bagaimana prinsip kerjanya, hingga ia bisa meluncur ke antariksa.

"Kami akan gunakan botol bekas minuman yang diisi dengan air kemudian nanti akan dipompakan udara ke botol tersebut," ujar Thomas kepada Republika.co.id, Jumat (15/9).

Lewat cara itu, Lapan mengibaratkan tekanan yang dibentuk di dalam botol akan menimbulkan semburan air. Semburan air itulah yang dalam prinsip fisika menjadi daya dorong roket, dalam hal ini roket air.

Pada kondisi sebenarnya, roket tidak menggunakan air, melainkan bahan bakar roket atau propelan yang bisa menimbulkan semburan gas. Gas itulah yang akan menjadi daya dorong roket sungguhan.

"Pada acara 'Republika Fun Science' besok, teman-teman peneliti dan insinyur dari Lapan akan menjelaskan prinsip kerja roket dengan percobaan," kata dia.

Thomas berharap, kegiatan ini mampu membuat anak-anak mengenal konsep sains dan dapat lebih menyenanginya. Menurut dia, meski rumus fisika sering dianggap sulit, namun nyatanya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement