Rabu 14 Sep 2016 18:03 WIB

Pemkot Depok Siap Hadirkan Perpustakaan Taman

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad
Anak-anak membaca buku di Perpustakaan Terapung di Taman Ayodya, Jakarta Selatan, Ahad (27/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Anak-anak membaca buku di Perpustakaan Terapung di Taman Ayodya, Jakarta Selatan, Ahad (27/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Asep Roswanda, mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam pengadaan perpustakaan di sejumlah taman yang terdapat di 63 kelurahan di Kota Depok.

"Saya sangat setuju dengan adanya program ini," tutur Asep usai kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan di Halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Rabu (14/9). Rencananya, pada 2017 nanti akan  dimulai, kerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok untuk pengadaan bangunan perpustakaan taman yang permanen di 63 kelurahan di Kota Depok.

Pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pengadaan taman bacaan tersebut. Seperti, buku-buku, kesiapan sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, dan lainnya. "Fisik bangunan itu dulu yang paling penting, kalau sudah ada, tinggal nanti pergerakan Kantor Arsip Perpustakaan nanti," katanya.

Namun, sebelum itu, pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat agar mereka mengetahui di taman juga bisa membaca buku tidak hanya duduk santai. 

Asep juga menyinggung keberadaan mobil perpustakaan keliling yang bisa dijadikan sebagai taman bacaan sementara di taman. Namun, mobil perpustakaan tidak dapat menjangkau semua taman. Maka, keberadaan taman bacaan permanen sangat diharapkan untuk menjangkau semua kalangan, terutama kepada masyarakat yang sedang berkunjung ke taman. "Alangkah lebih baik jika ada taman bacaan yang permanen, untuk memudahkan jangkauan kepada masyarakat, nanti kita juga akan kerjasama dengan RT/RW setempat," kata Asep. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement