Jumat 09 Sep 2016 09:08 WIB

Puncak Arus Mudik Libur Idul Adha 2016 Diprediksi Hari Ini

Rep: Kabul Astuti/ Red: Andi Nur Aminah
Kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Idul Adha 2016 sudah ditetapkan jatuh pada Senin (12/9) mendatang. PT Jasa Marga memprediksi volume lalu lintas pada periode libur panjang Idul Adha 2016 akan meningkat signifikan di beberapa gerbang tol (GT). Antara lain GT Cikarang Utama arah Cikampek, GT Karang Tengah ke arah Merak dan GT Cibubur Utama.

Puncak arus mudik kendaraan yang melalui Gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek diperkirakan akan jatuh Jumat (9/9) hari ini. "Perkiraan volume lalu lintas kondisi pada puncak kepadatan mencapai 100.716 kendaraan atau naik 27,95 persen dari volume lalu lintas harian rata-rata," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, Kamis (8/9) malam.

Puncak arus balik diperkirakan akan jatuh pada Senin (12/9) dengan kenaikan volume lalu lintas mencapai 23,80 persen atau mencapai 98.259 kendaraan dibanding hari biasa. Lonjakan volume lalu lintas pada periode libur Idul Adha 2016 antara 9 hingga  12 September 2016, paling besar diprediksi terjadi di GT Cibubur Utama Jalan Tol Jagorawi yang mencapai 102.369 kendaraan.

Volume kendaraan ini naik 48,43 persen dari lalu lintas harian normal, yaitu sebesar 68.969 kendaraan. Lonjakan volume lalin juga diprediksi akan terjadi di GT Cimanggis Utama Jalan Tol Jagorawi yang naik sebesar 25,90 persen, yaitu sejumlah 85.902 kendaraan dari lalin normal 68.233 kendaraan.

Mengantisipasi hal tersebut, Heru mengatakan PT Jasa Marga akan melakukan penambahan jumlah petugas pengumpul tol pada gerbang tol padat. Transaksi Jemput Kendaraan (JKR) akan dilakikan pada saat terjadi antrean panjang di GT Cikarang Utama, GT Cibubur Utama, dan GT Cileunyi.

Pihaknya juga akan mempersiapkan kebutuhan uang kembalian yang cukup, kebutuhan Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME), dan peralatan kelengkapan transaksi lainnya. PT Jasa Marga akan mengoperasikan gardu reversible, menyampaikan imbauan penggunaan e-Toll dalam bentuk spanduk, penjualan e-Toll oleh SPG/SPB Bank di beberapa gerbang tol, serta melakukan penjualan voucher di tempat istirahat dan gerbang tol untuk mempercepat transaksi.

"Kami juga melayani pembayaran tol elektronik multibank di Ruas Tol JORR, Ulujami-Pondok Aren, BORR, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi, dan Palimanan-Kanci," kata Heru.

Lebih lanjut, pihaknya akan mempersiapkan petugas piket dan teknisi peralatan tol yang terjadwal untuk mengantisipasi kerusakan atau tidak berfungsinya peralatan tol. Untuk tetap menjaga keamanan dan kelancaran, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo e-Toll Card sebelum memasuki ruas tol terintegrasi atau menyiapkan uang pas untuk transaksi tunai.

Tarif kendaraan golongan 1 Cikarang Utama – Palimanan Rp 109.500, Palimanan – Brebes Timur Rp 55.500, dan Cileunyi – Palimanan Rp 143.000. Dia mengimbau pengguna jalan hendaknya juga melakukan pengisian bahan bakar yang cukup dan mempersiapkan kondisi fisik kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement