Ahad 04 Sep 2016 22:02 WIB

Harga Sapi Bali Naik Rp 4 Juta

Sapi Bali, tak kalah dengan sapi impor.
Foto: iral-pena.blogspot.com
Sapi Bali, tak kalah dengan sapi impor.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR – Harga hewan kurban di Bali, khususnya kambing mulai meroket. Kambing kurban dengan berat 25 kilogram hidup yang biasanya dijual sekitar Rp 1,3 juta, kini dibandrol Rp 2,5 juta. Sementara sapi Bali yang biasanya dibandrol Rp 13 juta untuk berat 350 kilogram, kini Rp 17 juta.

"Kami menjual sesuai dengan harga belinya. Kalau membeli dari peternak sudah tinggi, ya kami jual lebih mahal," kata Sahirin, penjual daging kurban di kawasan Denpasar Barat, Ahad (4/9).

Dikatakannya, dia secara rutin menjual kambing kurban setiap menjelang Idul Adha bekerja sama dengan sejumlah masjid. Harga jadi lebih mahal kata pria asal Kabupaten Jembrana itu, karena di Denpasar dia harus menyewa kandang, membeli makanan untuk hewan kurbannya, serta membayar karyawan yang mau menjaga hewan kurban.

Warga Denpasar, M Yamin mengatakan, dia sudah mengantisipasi kenaikan harga hewan kurban setiap Idul Adha. Karena itu jelasnya, jauh-jauh hari dia telah menyiapkan hewan untuk berkurban bersama keluarga.

"Kalau jumlah yang berkurban berjumlah tujuh orang, kami patungan membeli sapi. Kalau tidak cukup orangnya, kami membeli kambing saja. Tapi ini sudah kami siapkan dua bulan sebelumnya, yakni setiap menjelang bulan ramadhan," kata Yamin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement