Ahad 04 Sep 2016 22:00 WIB

Bantu Ibu Melahirkan di Toilet, Langkah Pihak Ancol Diapresiasi

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Bilal Ramadhan
Ibu melahirkan
Ibu melahirkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Nasional Perempuan mengapresiasi langkah pihak Ancol dalam memberikan pertolongan kepada ibu melahirkan di salah satu toilet. Kebijakan yang dilakukan tempat wisata yang berada di Jakarta Utara (Jakut) sangat bagus dan bisa ditiru lainnya.

"Saya tidak tahu apakah ini kebijakan lama atau baru, tapi saya anggap ini bagus," kata Komisioner Komnas Perempuan, Magdalena Sitorus saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (4/9).

Namun dia berharap, pertolongan ini tidak melihat status atau hal apapun dari perempuan yang membutuhkan bantuan itu di masa depan. Dengan kata lain, tidak melihat agama, status pernikahan, suku dan sebagainya.

Sepengatahuannya, pemberitan fasilitas publik yang ramah perempuan masih belum merata. Sekalipun tersedia, fasilitas itu juga belum tentu baik secara keseluruhan. "Saya sih tidak tahu apakah tempat wisata lain sudah ada atau belum, tapi sikap Ancol patut diapresiasi," kata dia.

Dia mencontohkan, fasilitas toilet yang sudah pasti tersedia di tempat wisata. Menurut dia, pada dasarnya perempuan itu membutuhkan pelayanan berbeda dengan laki-laki. Tidak hanya melahirkan, menstruasi yang dialami perempuan membuatnya membutuhkan bantuan  seperti pembalut.

"Evaluasi ini tidak hanya di tempat wisata tapi untuk di tempat lainnya. Toilet memang sudah dibedakan antara pria dan perempuan dan saya harap perempuan bisa disediakan pembalut. Ini kan dasar sekali dan membuktikan bahwa kebutuhan perempuan dan laki-laki beda sekali," tegas dia.

Hal-hal seperti melahirkan maupun menstruasi tidak dapat diprediksi sama sekali. Untuk itu, sudah seharusnya tersedia fasilitas umum yang bisa memudahkan perempuan.

Sebelumnya, pihak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dikejutkan adanya informasi yang didapat dari beberapa pengunjung. Hal ini terkait adanya seorang pengunjung wanita yang melahirkan bayi laki-laki seorang diri, di toilet wanita Wahana Atlantis Water Advanture, Taman Impian Jaya Ancol pada 3 September 2016, sekitar pukul 11.11 WIB.

Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari, mengatakan saat mendapatkan informasi itu, Tim Operasional Wahana Atlantis Water Advanture melalui Tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) langsung menindaklanjuti laporan itu dengan memberikan pertolongan pertama terhadap sang ibu dan bayi di lokasi.

Dijelaskan Rika, kelahiran bayi laki-laki dari seorang pengunjung wanita Atlantis Water Advanture, Siti Munawaroh, dilanjutkan dengan membawa bayi tersebut ke Rumah Sakit Satya Negara Sunter Agung, Jakarta Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement