Rabu 31 Aug 2016 18:52 WIB

'Idul Adha Persatukan Umat dari Berbagai Perbedaan'

Masjid Besar Baitullah di Kelurahan Bukit Lama, Palembang, Kamis (24/9) menyelenggarakan kurban hari raya Idul Adha sebanyak 20 ekor sapi dan tuju ekor kambing.
Foto: Republika/Maspriel Aries
Masjid Besar Baitullah di Kelurahan Bukit Lama, Palembang, Kamis (24/9) menyelenggarakan kurban hari raya Idul Adha sebanyak 20 ekor sapi dan tuju ekor kambing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Idul Adha atau Hari Raya Haji adalah momentum untuk mempersatukan umat dengan latar belakang berbeda. Perbedaan itu berupa keragaman budaya seperti perbedaan bahasa, perbedaan warna kulit, dan perbedaan adat istiadat. Pun perbedaan agama seharusnyatidak mengganggu esensi yaitu kesatuan rohaniah, yang kini digunakan paham radikal terorisme untuk mengadu domba, bahkan membunuh sesamanya.

 “Ibadah Haji memang sebuah ritual tapi tidak sekadar itu, karena harus kita lihat esensinya. Bukan sekadar ritual dimana kita naik haji kemudian pulang mendapat gelar haji , bu hajjah dan lain sebagainya. Haji sebenarnya mengandung maknsa simbolik yang dalam sekali untuk persatuan dan kesatuan umat Islam di Indonesia maupun dunia,” kata guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Asep Usman Ismail, kepada media, Rabu (31/8).

Dalam momen Idul Adha ini ia mengajak seluruh umat manusia untuk memperkuat persatuan, terutama dalam memerangi bahaya nyata yaitu radikalisme dan terorisme.Pasalnya, radikalisme dan terorisme tidak dibenarkan Islam, apapun bentuknya. Apalagi seperti serangan di halaman Masjid Nabawi, Madinah beberapa waktu lalu.

Asep mengingatkan akan perayaan Idul Adha yang merupakan puncak ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Seperti kita ketahui bersama, kadang Idul Idha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. Ia juga menegaskan bahwa pada hakekatnya  tidak ada Islam Pakistan, Islam Yaman. 

“Itu hanya masalah tempat tinggal, lalu dari tempat tinggal itu lahir sistem sosial, itu lahir cinta tanah air, muncul nasionalisme, kebangsaan, budaya dan lain-lain. Nasionalisme itu pangkalnya tempat tinggal, lalu muncul cinta tanah air. Itu kenyataan yang tak bisa dihindari.  Lahir di Mekkah atau Indonesia maka dia cinta pada tanah kelahiran. Itu perbedaan dan Islam yang mempersatukannya,” terangnya.

 “Ajaran dasar Islam itu dirancang sistematik, sistemik, dimana semua komponen satu sama lain saling menguatkan. Simbolik yang mempersatukan umat Islam itu sebetulnya banyak, salah satunya adanya Ka’bah. Itu yang mempersatukan umat,” katanya.

Keragaman budaya itu menurut Alquran adalah itu harus direnungkan supaya bisa saling mengenal, mengenal budaya, mengenal bahasa, dan adat istadatnya dan itu diakui oleh Alquran. “Ada keragaman budaya. Tetapi ada keragaan budaya itu tidak boleh mengganggu esensi yaitu kesatuan spiritual.”, ujar Asep.

Shalat itu adalah doa jarak jauh dan merasai satu sebagai umat islam sebagai satu kesatuan, sedangkan haji adalah jarak dekat . Jutaan orang dari berbagai belahan dunia dari berbagai berlahan dunia, dari berbagai kawasan,  berbagai negara berkumpul di satu titik.

“Di momentum itu, orang akan merasa satu misalnya ketika mengelilingi kabah dan berada di Mina untuk melempar jumrah. Puncaknya dimana umat merasa bersatu adalah ketika wukuf di mana semua memakai kain putih. Jadi semua identitas, atribut dilepas dan hanya memakai kain putih. Kain putih itu sebenarnya bukan warna. Putih itu menggambarkan kesucian, kebersihan dan persamaan. Ada makna folosofisnya yaitu menggambarkan kematian. Karena ketika mati , semua orang muslim itu akan ditutup dengan kain kafan yang warnanya putih,” katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement