Rabu 31 Aug 2016 13:12 WIB

Apkasi: Pemda Harus Pintar Cari Sumber Pendapatan Baru

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Foto: ist
Pendapatan Asli Daerah (PAD)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) melalui Bank Indonesia Institute bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam penambahan wawasan bagi kepala Kabupaten. Kerja sama ini dijalankan agar pemerintah daerah (pemda) mampu menjaga perekonomian dan mencari sumber pendapatan baru.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Apkasi Nurdin Abdullah mengatakan, gagasan kerja sama antara BI dan Apkasi ini dalam rangka menambah wawasan kepala daerah‎ dalam rangka mengoptimalkan potensi masing-masing daerah. Selain itu, Pemda juga diminta mampu menjaga inflasi yang ditarget pemerintah pusat di bawah 4 persen.

"Ini merupakan strategi dari BI. Dan saya kira BI juga memantau daerah khususnya mengenai inflasi dengan melihat tim pengendali inflasi daerah (TPID)," kata Nurdin di gedung BI, Jakarta, Rabu (31/8).

Bupati Bantaeng ini menjelaskan, ‎dengan adanya materi dan pembelajaran dari BI, perguruan tinggi dan kalangan profesional lainnya, Nurdin berharap setiap kepala daerah bisa mendapat wawasan baru dalam rangkan mengoptimalisasi potensi daerah, serta menjaga nilai inflasi.

"Ini muaranya nanti pada kemandirian daerah yang didorong untuk mensejahterakan masyarakat di daerah tersebut,"papaprnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement