Senin 29 Aug 2016 23:57 WIB

Erzaldi Tantang Dua Calon Pejawat di Pilkada Babel

Pilkada serentak (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Pilkada serentak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erzaldi Rosman Djohan resmi mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur dalam Pilkada Kepulauan Bangka Belitung (Babel) 2017. Pria yang menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah itu akan bertarung dengan dua calon pejawat yakni Rustam Effendi yang merupakan Gubernur Babel saat ini, dan Hidayat Arsani yang merupakan Wagub Babel saat ini.

Pengamat politik di Babel, Bambang Ari Satria menilai majunya Erzaldi membuat persaingan politik di Kepulauan Babel menjadi panas dan tak kalah menarik dengan daerah lainnya dalam Pilkada serentak 2017.

"Atmosfir politik di provinsi yang pernah tenar karena film 'Laskar Pelangi' itu bahkan sama panasnya dengan suhu politik di DKI Jakarta," katanya dalam keterangan pers, Senin (29/8).

Ia menilai Erzaldi mempunyai modal yang cukup besar dalam Pilkada Babel 2017. Sebab selai sebagai tokoh muda, Erzaldi juga berani menantang dua pemimpin aktif di Babel, Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Sosok Erzaldi menarik, karena dia bukan hanya muda, tapi juga bupati yang punya segudang prestasi. Selain pesaing yang akan dilawannya, gubernur dan wakil gubernur aktif saat ini," ujarnya.

Selain itu, dukungan dari empat Parpol yakni Gerindra, Nasdem, PKB dan Partai Demokrat juga menjad modal yang cukup kuat bagi bupati peraih 44 penghargaan itu.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, membenarkan jika partainya telah memberi dukungan pada Erzaldi. Dukungan diberikan, setelah Gerindra melacak jejak rekam Erzaldi. Dan, Erzaldi layak didukung karena banyak menorehkan prestasi saat memimpin Bangka Tengah.

"Kami sudah mengetahui sepak terjang Erzaldi sejak lama dan kami semakin yakin beliau dapat memimpin Babel mendatang," katanya.

Wasekjen DPP Partai Nasdem, Willy Aditya juga sependapat. Partainya mendukung Erzaldi, setelah melihat jejak rekamnya. Kata dia, ada tiga tiga aspek yang diperhatikan partainya dalam mendukung seorang jadi calon kepala daerah.

"Dalam mengusung kandidat Pilkada, Nasdem memperhatikan tiga unsur, yaitu elektabilitas, kapasitas, dan intergritas kandidat. Kami mengetahui sepak terjang Erzaldi yang memiliki kinerja sangat baik saat memimpin Bangka Tengah," ujarnya.

Erzaldi, kata Aditya adalah sosok menjanjikan. Secara politik elektabilitasnya bahkan melampui dua inkumben yang bakal jadi pesaingnya. Tentu ini jadi nilai lebih. Karena itu, NasDem memutuskan dukung Erzaldi.

"Nasdem akan totalitas memenangkan Erzaldi dalam Pilgub Babel 2017 nanti," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement