Senin 29 Aug 2016 18:27 WIB

Ketika Pejabat PLN Jadi Guru Sehari

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati saat menjadi pengajar tamu di SMAN 2 dan SMPN 2 Tasikmalaya.
Foto: Dok: PLN
Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati saat menjadi pengajar tamu di SMAN 2 dan SMPN 2 Tasikmalaya.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA --  Tidak ada yang tidak mungkin, asalkan positif, mari membangun wujudkan cita-cita. Itulah sepenggal kata yang dilontarkan Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati saat menjadi pengajar tamu di SMAN 2 dan SMPN 2 Tasikmalaya dalam kegiatan PLN mengajar  yang merupakan rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri.

Di tengah kesibukannya, Alumni SMPN 2 Tasikmalaya ini, sangat bersemangat untuk berbagi pengalaman dan motivasinya kepada para siswa SMAN 2 dan SMPN2 Tasikmalaya.

"Senang sekali bisa kembali kesekolah dan sharing pengalaman serta berbagi ilmu kepada adik-adik SMA dan SMP. Semoga saja kehadiran PLN di sekolah-sekolah selain bisa memotivasi sekaligus bisa memberikan gambaran terkait apa yang dilakukan PLN untuk meningkatkan ratio elektrifikasi" ujar Nicke Widyawati.

Dalam pertemuan yang singkat namun penuh arti tersebut terlihat seluruh siswa bahkan guru antusias mendengarkan cerita dari Direktur perempuan satu satunya di PLN tersebut. Para siswa juga diberi kesempatan untuk berinteraksi lewat sesi tanya jawab setelah sebelumnya  diberi pemaparan terkait proses bisnis dan upaya PLN dalam menerangi Nusantara.

Salah satu siswa Kelas 12 SMAN 2 Tasikmalaya Zaki Mustafa Zuhad mengaku pemahamannya tentang listrik menjadi bertambah dengan hadirnya PLN mengajar.

"Saya senang sekali dengan kegiatan seperti ini dan berharap PLN juga bisa mengadakan lomba karya ilmiah untuk siswa SMA agar kami lebih terpacu," ungkap Zaki.

Senada dengan hal tersebut, Kepala sekolah SMAN 2 Tasikmalaya, Aam Abdullah menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk siswa agar bisa termotivasi menggapai cita-cita, selain itu kegiatan ini juga memberikan gambaran sistem ketenagalistrikan di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, PLN juga meresmikan ruang baca untuk di SMAN 2 Tasikmalaya.

"Buku adalah sumber ilmu, semakin banyak membaca wawasan siswa akan lebih luas dan terbuka, kami harap ruang baca ini bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Nicke.

Kegiatan PLN mengajar dilakukan oleh Para Direksi PLN dan General Manager di unit-unit PLN untuk mengabdi sebagai guru dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman dangan para siswa. Untuk tahun ini PLN mengajar mengambil tema menyemai inspirasi dan membangun karakter pemuda-pemudi negeri.

Kegiatan PLN Mengajar yang serentak dilaksanakan di 66 sekolah se-Nusantara pada minggu ke-3 dan ke -4 Agustus 2016 yang merupakan kegiatan untuk para pejabat PLN berbagi motivasi dan bercerita mengenai pengalaman mereka di bidang profesional, khususnya di saat menjabat menjadi orang-orang terpenting di BUMN besar ini. Selain memberikan pengajaran kepada para siswa, PLN juga memberikan total bantuan pendidikan sebesar Rp 3,6 miliar untuk 66 sekolah tersebar, hal ini demi meningkatkan motivasi siswa dalam belajar serta mencapai cita-citanya di dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement