Sabtu 27 Aug 2016 12:12 WIB

Yuk, Belajar Sains di Republika

Rep: Nora Azizah / Red: Ilham
Ridwan Hasan Saputra mengasuh Republika Fun Sience di Gedung Republika, Sabtu (27/8/2016).
Foto: Irfan Junaidi/Republika
Ridwan Hasan Saputra mengasuh Republika Fun Sience di Gedung Republika, Sabtu (27/8/2016).

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada yang berbeda di ruang basement Republika, Sabtu (27/8). Sejak dari pagi, siswa dan siswi dari kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD), kemudian kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah berkumpul untuk mengikuti acara Fun Science.

Fun Science merupakan kegiatan belajar sambil bermain yang diadakan Republika untuk masyarakat umum, khusus anak-anak. Dalam acara ini, sains diperkenalkan dengan cara menarik dan menyenangkan.

Hari ini, Fun Science bertema Matematika. Anak-anak diasuh oleh Ridwan Hasan Saputra, pendiri Klinik Pendidikan MIPA. Bersama Kak Ridwan, anak-anak belajar matematika dengan metode khusus yang menyenangkan.

Kak Ridwan menggunakan alat peraga berupa gambar, kartu, dan lainnya agar anak-anak mudah paham dan tidak pusing saat belajar. Ruang bawah tanah tidak hanya heboh dengan suara anak-anak yang banyak bertanya. Mereka tidak terlihat bosan, bahkan antusias menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan Kak Ridwan.

 

"Kegiatan ini akan kami buat secara berkala," kata Chief Editor Republika, Irfan Junaedi. Republika ingin mengajak generasi penerus bangsa untuk lebih mengenal sains. Di era digital sekarang, anak-anak juga perlu diperkenalkan media masa.

Dengan kegiatan tersebut, mereka juga bisa mengenal Republika sebagai salah satu media masa di Indonesia. Anak-anak tidak hanya belajar sains, tapi juga bisa merasakan pengalaman belajar di sebuah kantor berita.

Fun Science akan diselenggarakan minimal dua bulan sekali dengan tema berbeda. Namun bila antusias masyarakat cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan akan dibuat satu kali dalam seminggu. "Kita lihat respons dulu, tapi sejauh ini Alhamdulillah masyarakat cukup antusias," lanjut Irfan.

Kegiatan kali ini berhasil merangkul sekitar 70 anak yang mayoritas berdomisili di Jakarta. Namun ada pula yang datang dari luar kota, salah satunya Tegal, Jawa Tengah. Rencananya pada 3 September mendatang akan diselenggarakan Fun Science periode ke dua.

Jadi, ayah dan ibu sudah punya agenda akhir pekan pada tanggal tersebut? Kalau belum, Fun Science Republika bisa jadi agenda menarik bagi keluarga untuk dicoba. Selamat akhir pekan!

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement