Selasa 23 Aug 2016 16:16 WIB

Bekasi Gelar Pawai MTQ Ke-18 Tingkat Kota

Rep: Kabul Astuti/ Red: Achmad Syalaby
Salah satu peserta pawai ta'aruf MTQ (ilustrasi).
Foto: Antara
Salah satu peserta pawai ta'aruf MTQ (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Ke-18 di Kecamatan Bekasi Utara pada Selasa (23/8). Acara pembukaan MTQ dimulai dengan pawai taaruf dari Bundaran Summarecon Bekasi, menutup akses jalan sepanjang hampir dua hingga tiga kilometer, yang berakhir di Lapangan Kecamatan Bekasi Utara. 

Acara ini diiikuti oleh 12 kecamatan, sejumlah lembaga pendidikan Islam, dan pondok pesantren yang ada di seluruh wilayah Kota Bekasi. Para peserta dari berbagai kecamatan menampilkan konsep masing-masing dalam pawai taaruf ini. Tuan rumah Kecamatan Bekasi Utara mengirimkan peserta paling banyak dibanding kecamatan lain, yakni hampir 2000 peserta.

Sebagian peserta dari kecamatan tampak menggunakan andong, sementara siswa-siswa sekolah berderap dengan dandanan marching band. Ada pula, yang mengenakan pakaian adat. Lantaran pawai ini, Jalan Muchtar Thabrani sempat ditutup mulai pukul 06.00 WIB. Arus lalu lintas dialihkan melalui Wisma Asri dan Rawa Bugel. 

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Alquran. Menurut dia, minat generasi muda terhadap pengkajian Alquran saat ini cenderung melemah, baik kualitas maupun kuantitasnya.

Wali Kota juga menekankan agar para peserta MTQ Tingkat Kota kali ini benar-benar diambil dari wilayah Kota Bekasi, tidak mengambil dari wilayah lain atau kota lain. MTQ bukan sekadar acara seremonial, melainkan sarana pendidikan dan pembinaan bagi warga Kota Bekasi. Apabila tren kontingen masih mengambil dari luar wilayah luar Kota Bekasi, kata dia, ajang MTQ tidak akan bermakna bagi pembinaan Alquran di Kota Bekasi.

"Pemerintah kota akan menyalurkan tiap-tiap santri dari pondok pesantren yang akan dikirim dalam kegiatan MTQ tingkat kota maupun tingkat provinsi," ujar Rahmat, Selasa (23/8). MTQ Tingkat Kota Bekasi ini dia harapkan mampu menghasilkan para qari dan qariah yang berkualitas untuk dikirim ke ajang MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. Acara MTQ Ke-18 Tingkat Kota ini akan berlangsung selama 23-28 Agustus 2016. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement