Jumat 19 Aug 2016 10:46 WIB

Tim KNKT Periksa Pesawat Jatuh di Tasikmalaya

Petugas mengamankan lokasi jatuhnya pesawat.  (foto: Fuji EP)
Foto: Fuji EP/Republika
Petugas mengamankan lokasi jatuhnya pesawat. (foto: Fuji EP)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada hari ini, Jumat (19/8), memeriksa pesawat Piper PA 28 milik Perkasa Flight School yang jatuh di areal pesawahan Desa Kujang, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Polisi Resor Tasikmalaya AKBP Nugroho Arianto mengatakan, tim KNKT tersebut untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya kecalakaan pesawat latih yang terjadi, Kamis (18/8) sore. "KNKT untuk melakukan pengecekan dan identifikasi dari pesawat ini," katanya.

Ia mengatakan, sementara belum dapat mengetahui hasil dari penyelidikan tim KNKT itu. Pihaknya juga belum tahu berapa lama tim KNKT memeriksa pesawat latih tersebut. "Belum bisa memastikan berapa lama," katanya.

Ia menegaskan proses pemeriksaan dan hasilnya merupakan kewenangan tim KNKT untuk mempublikasikannya. "Nanti (keterangan) tim dari KNKT, kami hanya pengamanan," katanya.

Pesawat latih dengan tiga awak, satu pilot atau instruktur dan dua siswa itu terbang dari Nusawiru, Kabupaten Pangandaran untuk melakukan latihan. Pesawat tersebut berkeliling di kawasan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, tidak lama kemudian mengalami masalah pada mesin pesawat.

Pilot lalu mengarahkan pendaratan darurat dengan mencari tempat yang tidak ada pemukiman penduduk, hingga akhirnya berhasil mendarat dengan kondisi terbalik. Tiga awak pesawat yakni pilot Yosaphat Lintang warga Pekalongan, Jawa Tengah, kemudian dua penumpang M Arief Rafi dan dan M Fadli Rapidan dari Kota Tanggerang, Banten, selamat dalam kecelakaan itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement