Rabu 17 Aug 2016 02:15 WIB

Pemerintah Bisa Ambil Profesional untuk Pengganti Arcandra

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Foto: setkab.go.id
Menteri ESDM, Arcandra Tahar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎Setelah diberhentikannya Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sejumlah nama digadang-gadang siap menggantikan posisis tersebut. Bukan hanya dari kalangan politikus, kursi Menteri ESDM juga bisa diberikan kepada kalangan profesional.

Wakil Ketua Komisi VII Fadel Muhammad mengatakan, ‎banyak partai politik akan memasukan nama untuk menjadi pengganti Arcandra. Partai Golkar pun memiliki nama-nama yang berkompeten untuk duduk sebagai Menteri ESDM.

"‎Golkar selalu punya kader yang banyak jika memang dibutuhkan kita punya segudang kader yang siap melaksanakan. kalau benar diambil dari golkar kita terimakasih," kata Fadel di kantor DPR, Selasa (16/8).

Meski demikian, Fadel mendapatkan informasi bahwa Kabinet Jokowi-JK kemungkinan besar akan mengandalkan orang-orang Profesional seperti Arcandra untuk menjadi orang pertam di Kementerian ESDM.

"‎Saya dengar dari beberapa di kabinet pemerintah ingin kembali mengambil dari kalangan profesional dan bukan dari partai," paparnya.

Siapapun orangnya yang nanti menggantikan Arcandra, Fadel berharap agar pemerintah bisa cepat mencari orang yang benar-benar cocok dan mampu menjalankan kinerja sebagai Menteri ESDM.

"‎Jabatan menteri ini harus cepat di isi kalau bisa minggu depan sudah terisi, sebab jika tidak akan menggangu untuk proses kedepannya. Pejabat Pelaksan nya tidak bisa mengambil keputusan strategis, tetapi hanya bisa mendengarkan dan berkoordinasi dengan kita (Komisi VII)," ungkap Fadel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement