Senin 15 Aug 2016 20:32 WIB

UMM Borong Gelar Kompetisi Alquran Tingkat Nasional

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ilham
Universitas Muhammadiyah Malang.
Foto: Republika/Nico Kurniajati
Universitas Muhammadiyah Malang.

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyabet sejumlah gelar strategis dalam ajang Festival Alquran Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah Tingkat Nasional yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 9-11 Agustus, lalu. Dalam lomba yang diikuti lima puluhan universitas tersebut, UMM berhasil mengantongi delapan gelar juara pada tujuh cabang lomba berbeda.

Festival ini bertema ”Alquran sebagai Media Penguatan Kualitas Diri dalam Ilmu Pengetahuan dan Sains untuk Menghadapi Daya Saing Global”. Salah satu pembimbing lomba, Ahmad Fathoni, yang saat itu turut mendampingi mahasiswanya menjelaskan, meski waktu yang dipersiapkan terlampau sempit, ia mengaku cukup puas dengan capaian mahasiswanya.

Ia menuturkan, waktu untuk persiapan lomba ini kurang lebih hanya satu pekan. "Apalagi harus mendatangkan mahasiswa yang asalnya dari luar Jawa karena sedang liburan semester genap," jelas Fathoni yang merupakan Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FAI tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor III yang membidangi Kemahasiswaan, Sidik Sunaryo, mewacanakan pembentukan wadah khusus yang bergerak di bidang Alquran sebagai bentuk kaderisasi. Dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke depannya, UMM optimis akan dapat memborong lebih banyak gelar lagi.

Ditemui pada kesempatan berbeda, Sidik mengatakan, selain mewacanakan dibentuknya UKM khusus Alquran, UMM juga mewacanakan pengadaan beasiswa khusus Penghafal Alquran atau Tahfidz. ”Semoga dengan beasiswa ini, ke depannya mahasiswa UMM semakin terpacu untuk terus berprestasi di ajang kompetisi Alquran lainnya,” kata Sidik.

Daftar pemenang Festival Alquran Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah Tingkat Nasional antara lain dari Fakultas Agama Islam (FAI) Dewi Nur Diana sebagai Juara 1 Tahfidz 15 Juz dan Bayu Dwi Arianto sebagai Juara 2 Fahmil Quran. Syaikul Islam sebagai Juara 2 Fahmil Quran, Weca Septia Aulia sebagai Juara 2 Fahmil Quran, Ainul Yaqin sebagai Juara Harapan 2 Tartil Quran, dan Nanang Qosim sebagai Juara 3 Kaligrafi.

Dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Farah Laila Romadona sebagai Juara 2 Tahfidz 1 Juz. Dari Fakultas Teknik (FT) Ramadhan Dato sebagai Juara 3 Tilawatil Quran serta dari Fakultas Hukum (FH) Ghulam Imaduddin sebagai Juara 3 Syahril Quran dan M. Abdul Wahid sebagai Juara 3 Syahril Quran. Dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan (FKIP) Mila Insani sebagai Juara Harapan 2 Tartil Quran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement