Senin 15 Aug 2016 14:39 WIB

Narapidana Lapas Sukamiskin Bersuka Cita Sambut Hari Kemerdekaan

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Angga Indrawan
Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.
Foto: informasi-bandung.com
Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, ada suasana berbeda di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Kota Bandung, Senin (15/8). Warga binaan sejak pagi berdiri berjejer di lapangan Lapas.

Mereka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI dengan penuh suka cita. Ratusan warga binaan menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus 1945) secara serentak. Semangat menggebu-gebu diperlihatkan warga binaan Lapas Sukamiskin dengan mengepalkan tangan mengacung ke atas.

Kegiatan ini memang diadakan oleh Lapas Sukamiskin. Kepala Lapas Sukamiskin, Surung Pasaribu mengatakan semangat kebangsaan harus tetap ditunjukan meskipun berada di balik penjara. "Kegiatan ini intinya menunjukan harmoni, kekompakan antar penghuni dan petugas Lapas. Intinya kita semua menyabut kemerdekaan ini dengan suka cita," kata Surung.

Ia menilai kegiatan ini sangat positif menjalin kekerabatan antarpenghuni lapas. Keceriaan dan kekompakan ditunjukkan para narapidana saat mereka mengikuti setiap perlombaan yang berlangsung. Kegiatan menyanyi Hari Merdeka ini juga memecahkan rekor muri dengan menyanyikan lagu hari kemerdekaan di seluruh Lapas dan Rutan se-Indonesia.

Mantan Meteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Malarangeng yang mengikuti acara mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga binaan. Pasalnya, warga binaan bisa melupakan apa yang dialaminya sejenak.

"Ini sangat bermafaat bagi warga binaan Lapas Sukamiskin. Tahun ini saya juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang berlangsung," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement