Senin 15 Aug 2016 03:26 WIB

Gubernur Jambi Ajak Masyarakat Lestarikan Harimau Sumatera

Warga mengevakuasi harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang telah dibius di Nagari Mandeh, Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (27/5). (Antara/Iggoy el Fitra)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Warga mengevakuasi harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang telah dibius di Nagari Mandeh, Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (27/5). (Antara/Iggoy el Fitra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Zumi Zola mengajak masyarakat di wilayahnya untuk melestarikan Harimau Sumatera dan flora sebagai upaya mempertahankan keseimbangan alam.

"Kampanye pelestarian flora dan fauna kepada anak juga digalakkan sejak usia dini, dengan harapan agar anak-anak memiliki pemahaman tentang pentingnya keseimbangan alam," katanya saat peringatan Tiger Day (Hari Harimau) di Jambi, Ahad.

Tiger Day diselenggarakan oleh komunitas pemerhati dan pelindung satwa langka, khususnya harimau. Dimana Harimau Sumatera merupakan salah satu satwa langka khas Sumatera, termasuk Provinsi Jambi yang kian hari jumlahnya kian berkurang.

"Alhamdulillah, kampanye pelestarian harimau melibatkan banyak anak-anak juga, berarti kampanyenya itu bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi dimulai dari anak-anak. Betapa pentingnya alam yang pada acara ini kita fokuskan pelestarian harimau," kata Zola.

"Menjadi suatu keprihatinan kita bahwa setiap tahunnya bayak sekali harimau diburu, jadi keseimbangan alam terganggu. Kalau seperti ini kita kuatir bagaimana masa depan alam ini. Kita harus bisa menjaga keseimbangan alam dan flora fauna, jangan sampai nanti harimau ini hanya menjadi cerita untuk anak cucu kita, hanya bisa mereka lihat ketika sudah ada di museum. Itulah tanggungjawab kita semua," katanya lagi.

Zola berharap agar kampanye pelestarian fauna seperti ini bisa lebih masuk ke sekolah-sekolah, dengan berbagai kegiatan untuk anak-anak di sekolah.

"Pada intinya adalah memasukkan unsur pendidikannya kepada anak-anak kita, dan harus kita kampanyekan dari usia yang paling muda, karena mereka yang akan meneruskan semua apapun yang kita miliki saat ini," ujarnya.

Zola menginginkan kampanye pelestarian harimau menghasilkan sesuatu yang baik bagi masyarakat, bukan hanya untuk sekelompok masyarakat.

"Saya tau bahwa dari TNI dan Polri sedang menggalakkan ini, tetapi harus ditekankan bahwa ini tanggung jawab kita semua. Bukan hanya di daerah-daerah yang punya hutan, tetapi juga di perkotaan," kata Zola.

"Saya mohon kepada semua masyarakat Provinsi Jambi untuk sama-sama melestarikan flora dan fauna termasuk Harimau Sumatera," kata Zola menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement