Selasa 09 Aug 2016 12:09 WIB

PLN Ajak Siswa Berprestasi Asal Kalsel Lebih Mengenal Jakarta

Sebanyak 20 siswa berprestasi asal Kalimantan Selatan diajak lebih mengenal Ibu Kota.
Foto: PLN
Sebanyak 20 siswa berprestasi asal Kalimantan Selatan diajak lebih mengenal Ibu Kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian BUMN kembali menginisiasi Program Siswa Mengenal Nusantara. Tahun ini, PT PLN (Persero) berkesempatan untuk mengajak sejumlah siswa dari Kalimantan untuk mengenal Ibu Kota Indonesia, Jakarta.

Melalui Program CSR PLN, sebanyak 20 siswa berprestasi dari Kalimantan Selatan, akan diajak untuk belajar dan bertukar pengalaman di Jakarta selama 8 hari guna menambah wawasan Nusantara dan belajar kebijakan lokal.

Acara penerimaan siswa dari Kalimantan Selatan ini dilakukan di Gedung Pusat PLN (9/8) serta dihadiri oleh Direktur Human capital Management PLN Muhammad Ali, Direktur utama JIEP Rahmadi Nugroho, Direktur KBI Suyitno Affandi, Direktur Komersial PT Balai Pustaka Ahmad Fachrodji dan direktur Keuangan Jasindo Solihah.

Direktur HCM PLN menyatakan PLN sangat mendukung program yang digagas oleh kementerian BUMN. Menurut dia, acara ini mempunyai dampak yang besar untuk perkembangan wawasan para siswa agar lebih mengenal Indonesia dan saling bertukar pengalaman pendidikan dan kebudayaan daerah masing-masing.

Dia menambahkan, acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman merupakan kekuatan NKRI. Di tangan generasi muda, potensi bangsa yang besar diharapkan dapat diolah dengan baik untuk mengantarkan Indonesia menjadi bangsa besar.

Dalam kesempatan ini PLN juga memberikan pengetahuan umum terkait pentingnya hemat listrik dan program 35 ribu MW yang saat ini tengah dikebut pengerjaannya. Siswa juga diajak untuk melihat lebih dekat proses produksi listrik dengan mengunjungi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Muara Karang  dengan total kapasitas 1.200 MW selain itu para siswa juga diajak untuk belajar mencintai lingkungan melalui program tanam pohon bersama.

Pelaksanaan Program Siswa Mengenal Nusantara diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dengan pertukaran pelajar SMU seluruh Nusantara 2016 dengan metode pemberian kesempatan kepada Pelajar SMU kelas XI pada setiap Provinsi. Hal ini sebagai wujud komitmen kehadiran BUMN untuk Negeri.

Selain SMN, PLN bersama BUMN pendamping juga akan melaksanakan beragam program, antara lain upacara peringatan HUT RI, penyediaan sarana air bersih, penyediaan sarana mandi cuci kakus, pembangunan tempat penitipan anak, pembinaan mantan atlet nasional, Pembinaan mantan napi, pembinaan desa terpencil, perbatasan dan rawan konflik, elektrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik, pasar murah, kegiatan lomba-lomba untuk masyarakat, BUMN Mengajar dan bedah rumah

Veteran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement