Sabtu 06 Aug 2016 15:18 WIB

Aher Hadiri Kampanye Malam Langit Gelap

Red: Ilham
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan berpartisipasi dalam kampanye Malam Langit Gelap, yakni mematikan semua lampu pada pukul 20.00-21.00 WIB, nanti malam, Sabtu (6/8), di Gedung Sate Bandung.

"Mari kita selamatkan Langit Malam Gelap dari polusi cahaya, Dark Sky Night. Bapak, ibu, akang, teteh, mari menangkap momen Milky Way di sudut-sudut Gedung Sate malam ini, selama satu jam. Hadir Pak Gubernur Jabar," kata Kepala Bagian Humas, Protokol, dan Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Ade Sukalsah.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam kampanya Malam Langit Gelap. "Kampanye Malam Langit Gelap harus dilakukan karena terkait dengan kesehatan dan efisiensi energi. Adanya pengaturan lampu yang baik maka kita bisa menghemat energi," kata Astronom asal Bandung, Hendro Setyanto.

Menurut dia, kampanye itu dilaksanakan untuk memperingati hari keantariksaan yang jatuh setiap tanggal 6 Agustus.

Kegiatan itu memiliki semangat penting untuk menghemat energi dan menghindari polusi cahaya. Khusus pada Sabtu malam, Kampanye Langit Gelap juga bertujuan untuk melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang membentang dari Utara ke Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement