Sabtu 30 Jul 2016 22:36 WIB

Pemkot Kendari Dorong Warganya Kembangkan Bank Sampah

Bank sampah (ilustrasi)
Bank sampah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, berupaya meningkatkan kesadaran warga akan kebersihan lingkungan melalui pengembangan program bank sampah berbasis masyarakat.

"Melalui bank sampah berbasis masyarakat, kami dorong setiap kelurahan minimal ada satu bank sampah yang dikelola oleh warga," kata kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan emakaman Kendari, Tin Farida, di Kendari, Sabtu (30/7).

Ia mengatakan, untuk mengatasi persoalan sampah di Kendari memang menuntut keterlibatan seluruh pemangku kepentingan. "Salah satunya, penyediaan fasilitas pemilahan sampah). Aktivitas ini bertujuan untuk mengambil manfaat ekonomi dari sampah. Implementasinya dapat dikelola dalam bentuk Bank Sampah di lingkungan sekitar tempat tinggal warga," ujar dia.

Dijelaskan, pengembangan bank sampah berbasis masyarakat menjadi sesuatu yang baru bagi pemkot dalam hal pengelolaan sampah sebagai salah satu syarat untuk mempertahankan Piala Adipura. "Sudah delapan tahun berturut-turut kita meraih Adipura, bahkan dua kali berturut-turut kira raih Adipura Kencana," kata Tin Farida.

Untuk mempertahankan prestasi itu, kata Tin, semua elemen masyarakat mengembangkan sesuatu yang baru terutama dalam hal penataan lingkungan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement