Rabu 27 Jul 2016 11:32 WIB

Muhadjir Effendy Gantikan Posisi Anies Baswedan

Red: Ilham
Prof Dr Muhadjir Effendy
Foto: dokrep
Prof Dr Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud). Penggantian telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (27/7).

"Muhadjir Effendy sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata Jokowi dalam pengumumannya.

Muhadjir yang kini menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bidang pendidikan ini dikenal juga sebagai pakar militer. Selain kerap menulis buku tentang militer, Muhadjir juga menulis disertasi tentang militer.

Di bawah Muhadjir, UMM menjadi kampus swasta terkemuka dan terbaik nomor 1 di Jawa Timur berkat penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) selama delapan tahun beruntun versi Kopertis VII.

Muhadjir sempat ditanya apakah bakal menjabat sebagai menteri? Muhadjir hanya menjawab singkat. "Insya Allah," katanya kepada Republika.co.id, Rabu (27/7).

Muhadjir yang pernah menempuh pendidikan singkat di National Defence University, Washington, ini merupakan rektor ke-2 UMM yang diangkat menjadi menteri. Dia mengikuti jejak Malik Fadjar yang sempat menjadi menteri agama dan menteri pendidikan nasional.

Muhadjir merupakan representasi tokoh Muhammadiyah yang selama ini dikesampingkan Presiden Jokowi dalam Kabinet Kerja. Meski Anies Baswedan dan Menkes Nila F Moelok juga disebut merupakan kader Muhammadiyah, namun keduanya mewakili kalangan profesional.

Kalau diangkat menjadi mendikbud, Muhadjir bakal meneruskan 'tradisi' lama kabinet pemerintahan sebelumnya, di mana menteri pendidikan diisi kader Muhammadiyah dan menteri agama dijabat kader NU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement