Selasa 26 Jul 2016 16:55 WIB

Lowongan Bagian Administrasi Paling Diburu Pencari Kerja

Rep: Christiyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Pencari kerja di salah satu bursa kerja
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pencari kerja di salah satu bursa kerja

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Lowongan di bagian administrasi atau back office menjadi posisi yang paling banyak diburu pencari kerja. Kondisi ini tergambar dalam statistik yang dirangkum oleh portal lowongan kerja Hired Today. Business Development Hired Today, Ronald Sarpono, menjelaskan 40 persen jobseeker mengunggah aplikasinya pada posisi administrasi.

Portal karier yang baru diluncurkan awal tahun ini menyediakan 25 ribu lowongan kerja setiap bulannya. "Posisi kedua yang banyak diapply oleh pelamar adalah pekerjaan di bidang IT," kata Ronald kepada Republika.co.id, Selasa (26/7) di Malang.

Setiap bulan tak kurang dari 28 ribu curriculum vitae yang diunggah oleh para jobseeker di situs "http://www.hiredtoday.com. Hari ini hingga besok (27/6) Hired Today menggelar Job Fair di Kota Malang untuk pertama kalinya. Menurut Ronald, pihaknya ingin mempertemukan perusahaan dan calon pencari kerja tak hanya di dunia maya namun juga bertatap muka langsung.

"Dengan bertemu langsung para pencari kerja bisa lebih memperoleh gambaran pekerjaan yang akan dilamar," imbuhnya.

Ribuan pencari kerja memadati acara ini hingga antrean mengular di luar gedung Aula Skodam V Brawijaya. Ronald mengatakan pada hari pertama acara ini didatangi sekitar empat ribu jobseeker di Kota Malang. Seorang pelamar kerja bernama Febriansyah berharap memperoleh pekerjaan dengan jenjang karier yang jelas.

"Saya melamar di perusahaan yang membuka program management trainee atau officer development program," kata alumnus hubungan internasional Universitas Muhammadiyah Malang ini.  Data Pemerintah Kota Malang menunjukkan, pada 2013 jumlah pengangguran di Kota Malang mencapai 64.006 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement