Senin 25 Jul 2016 22:10 WIB

Duta Wisata Diminta Jual Pariwisata Sabang

Pengunjung berjalan di antara bebatuan yang bersusun di kawasan Goa Sarang, Sabang, Pulau Weh, Aceh.  (Antara/Zabur Karuru)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Pengunjung berjalan di antara bebatuan yang bersusun di kawasan Goa Sarang, Sabang, Pulau Weh, Aceh. (Antara/Zabur Karuru)

REPUBLIKA.CO.ID, SABANG, ACEH -- Pemerintah Kota Sabang minta kepada duta wisata berperan aktif menjual serta mempromosikan industri pariwisata bahari yang dimiliki pulau paling ujung barat Indonesia itu.

"Kita berharap kepada duta wisata tahun 2016 yang sudah terpilih menjual dan mempromosikan industri pariwisata bahari kota Sabang," kata Sekda Kota Sabang Sofyan Adam di Sabang, Senin (25/7).

Menurutnya, potensi wisata bahari Sabang sudah menjadi daya tarik utama bagi sejumlah wisatawan asing maupun lokal, hal tersebut terlihat jelas saat libur panjang maupun libur akhir pekan. "Saat libur panjang dan libur akhir pekan tingkat kunjungan wisatawan meningkat drastis dan ikon utama yang menjadi incara wisatawan adalah wisata bahari yakni snorkling dan diving," tuturnya.

Ia menyampaikan, pelaku usaha industri pariwisata tidak memerlukan modal besar, namun yang amat dibutuhkan adalah dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para wisatawan yang bekunjung ke Pulau Weh. "Pariwisata itu usaha jasa dan sebagai penjual jasa kita harus bersikap ramah serta wellcome kepada setiap pengujung," kata mantan Kabag Perekonomian di Pemerintahan Kota Sabang itu.

Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) telah melakukan serangkaian seleksi dan telah menobatkan Duta Wisata Kota Sabang tahun 2016 pada Sabtu (23/7) malam. "Duta wisata Kota Sabang tahun 2016 terdiri dari Cut Abang Anizul Farmi dan Cut Adek Nadia Putri Aulia dan mereka terpilih setelah menyisihkan 19 finalis lainnya pada malam penobatan, Sabtu," sebutnya.

Kemudian, juara II Cut Abang diperoleh Muhajiburrahman sedangkan juara Il Cut Adek diraih Yana Mauliatari dan juara III, Cut Abang Redha Rahmatillah. "Nanti duta wisata Kota Sabang akan mewaliki daerahnya pada ajang pemilihan duta wisata Provinsi Aceh yang diwakili 23 kabupaten/kota dan kita berharap mereka dapat memaparkan dengan baik semua ikon wisata yang dimiliki Pulau Weh," katanya lagi.

Tidak hanya itu, Sofyan Adam juga berharap kepada unsur serta elemen masyarakat terutama pelaku usaha pariwisata di pulau paling ujung barat dapat memberikan pelayanan yang maksimal demi kenyaman setiap pengunjung yang datang ke Sabang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement