Senin 18 Jul 2016 01:16 WIB

IPW: Ada Aliran Dana Miliaran dari Suriah ke Jaringan Teroris Jogja

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Presidium IPW, Neta S Pane.
Foto: Twitter
Ketua Presidium IPW, Neta S Pane.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Police Watch mengaku mendapatkan informasi adanya dana sekitar Rp 20 miliar yang masuk ke Indonesia lewat salah satu bank pemerintah di kawasan UGM Yogyakarta. Uang tersebut diduga dikirim dari Suriah untuk seseorang di Yogyakarta.

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane mengatakan pihak bank sudah menghubungi kepolisian saat pemilik dana itu hendak mengambil uangnya.  Namun, sejauh ini belum jelas apa dan bagaimana tindakan kepolisian.

"Yang jelas uang tersebut sudah dicairkan pada akhir Juni lalu," kata Neta di Jakarta, Senin (18/7).

Neta pun mengimbau agar Polri menelusuri dan mengungkap dugaan masuknya dana senilai Rp 20 miliar tersebut. IPW khawatir dana tersebut ada kaitan dengan ancaman ISIS ke Indonesia yang disampaikan dari Suriah pada Juni 2016 lalu.

Baca juga, Densus Kembali Tangkap Terduga Teroris di Yogyakarta.

"Dengan masuknya dana itu, Polri perlu meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi kantong-kantong radikalisme yang berpotensi menjadi kelompok-kelompok terorisme di Indonesia," ujar Neta.

Neta menambahkan, bagaimana pun ancaman tersebut perlu diantisipasi Polri. Terutama, kata dia, setelah adanya serangan bom bunuh diri yang dilakukan Nur Rochman ke Polresta Solo pada awal Juli lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement