Ahad 17 Jul 2016 18:32 WIB

Anak-Anak di Sukabumi Bersihkan Sungai

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Tradisi membersihkan diri di sungai (ilustrasi)
Foto: Antara/Maril Gafur
Tradisi membersihkan diri di sungai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Momen liburan sekolah dimanfaatkan anak-anak di Kabupaten Sukabumi dengan melakukan kegiatan bersih-bersih sungai. Kegiatan ini dilakukan pada satu hari menjelang masuk sekolah pada Ahad (17/7).

Anak-anak tersebut berasal dari Kampung Cigadog, Desa Pasir Halang, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi. Mereka sejak Ahad pagi telah berkumpul di sekitar aliran Sungai Cigadog untuk mengambil sampah yang ada di pinggiran sungai.

"Mereka mengisi liburan dengan bermain dan bersih-bersih sampah di sekitar sungai," ujar Wahyu, salah seorang orang tua yang anaknya ikut terlibat dalam aksi bersih sungai kepada wartawan.

Menurut dia aksi tersebut cukup positif untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan. Aksi ini ungkap Wahyu, mendapatkan pendampingan dari orangtua agar terjaga keselamatan anak-anak. Kegiatan ini dilakukan karena masih ada sejumlah warga yang membuang sampah secara sembarangan ke sungai.

Wahyu menerangkan, selepas memungut sampah sebagian anak-anak ada yang langsung berenang dengan menggunakan ban bekas. Aktivitas ini juga mendapatkan pengawasan dari orangtua yang menunggu di pinggiran sungai. Biasanya sambung dia selepas mandi di sungai, anak-anak dan orangtua makan bersama atau ‘botram’ di pinggiran sungai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement