Ahad 17 Jul 2016 11:00 WIB

Situasi Yogyakarta Kembali Kondusif Usai Orasi Papua Merdeka

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Bilal Ramadhan
Mahasiswa meminta kemerdekaan Papua
Foto: AFP
Mahasiswa meminta kemerdekaan Papua

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Polda DIY menyatakan bahwa saat ini kondisi Yogyakarta telah kembali aman usai orasi dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) beberapa hari lalu.

Kepala Bidang Humas Polda DIY, Anny Pudjiastuti menyampaikan, kondisi Kota Yogyakarta telah kembali kondusif meskipun sebelumnya telah berlangsung aksi OPM dari sejumlah mahasiswa Papua.

"Sejak Jumat (15/7) kami sudah melakukan penebalan keamanan di Asrama Mahasiswa Papua yang jelas jelas akan turun ke jalan," tutur Anny.

Menurutnya, mereka secara nyata telah berbuat makar, yakni dengan membawa simbol simbol OPM. Anny mengemukakan, selaku aparat kepolisan negara, Polda DIY akan konsinsten mengawal Keutuhan NKRI.

Ia menuturkan, pihak kepolisian telah berhasil menahan aktivis OPM yang menjadi dalang aksi papua merdeka tempo hari. Adapun mahasiswa di Asrama Mahasiswa Papua yang tidak keluar melaksanakan aksi demonstrasi ke titik Nol sudah diamankan.

"Memang sejak kemarin, dari kepolisian tidak memberikan izin kepada mahasiswa untum mengadakan aksi," ujar Anny.

Berkaitan dengan isu pengepungan Asrama Mahasiswa Papua yang menyebabkan suplai logistik tidak bisa masuk, Kabag Ops Polda DIY, Kompol Sigit Hariyadi menyatakan, hal tersebut hanya merupakan pernyataan yang dilebih-lebihkan.

Pasalnya pihak kepolisian yang berjaga tetap memperbolehkan mahasiswa untuk keluar masuk Asrama, kecuali untuk kegiatan yang tidak memiliki izin dari Kepolisian "Kami juga sudah menyuruh mereka (mahasiswa papua) untuk pulang ke tempat tinggalnya masing-masing," kata Sigit.

Karena banyak warga papua yang datang ke asrama dari Semarang, Salatiga, Solo, dan sekitarnya, bukan hanya dari Yogyakarta. Setelah keamanan Yogyakarta kembali, Polda DIY mengimbau agar masyarakat beraktivitas seperti biasanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement