Jumat 15 Jul 2016 15:22 WIB

Kondisi Lalu Lintas Purwokerto Bisa Dipantau Via Android

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Terminal Purwokerto
Terminal Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Masyarakat yang hendak berpergian ke Purwokerto, saat ini bisa mengakses kondisi lalu lintas di beberapa titik melalui pesawat telepon berbasis android. Melalui situs http://banyumas.marktel.co, pengunjung situs ini bisa melihat secara langsung kondisi lalu lintas melalui CCTV yang disiarkan secara live streaming.

"Melalui situs ini, warga bisa menghindari kemacetan di beberapa lokasi sehingga perjalanan ke tempat tujuan menjadi lebih cepat," ujar Kepala Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Edi Prabowo, Jumat (15/7).

Menurutnya, saat ini sudah ada 10 lokasi yang kondisi lalu lintasnya bisa dipantau melalui CCTV tersebut. Antara lain di simpang Karangbawang, Simpang Karangpucung, Simpang Pancurawis, Simpang Samsat/Patriot, Simpang Tugu Adipura, Simpang GOR Satria, Simpang Kebondalem, Simpang Tanjung, Simpang Sutosuman, dan Simpang Kalibagor.

Seluruh kondisi lalu lintas di di ke-10 lokasi tersebut, bisa dipantau selama 24 jam sehari. "Saat ini, baru satu CCTV yang terpasang di masing-masing lokasi yang bisa dipantau. Namun saya kira, satu CCTV tersebut sudah bisa digunakan untuk memperkirakan kondisi kemacetan di masing-masing lokasi," katanya.

Dia juga menyebutkan, dengan pemasangan CCTV yang terakses langsung melalui jaringan internet, aparatnya yang bertugas juga bisa melihat kondisi lalu lintas di masing-masing persimpangan. Dengan demikian, bila kondisi lalu lintas sudah sangat macet, pihaknya bisa menerjunkan petugas untuk ikut mengatur lalu lintas dengan mengatur ulang sistem lampu isyarat lalu lintas yang terpasang di tempat itu.

Dengan sudah adanya CCTV di masing-masing persimpangan, melalui program ATCS (Area Traffic Control System) pihaknya hanya tinggal mengintegrasikan ke sistem internet. ''Dengan demikian, masyarakat juga bisa mengakses kondisi lalu lintas di satu lokasi hanya dengan mengunjungi situs tersebut,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement