Selasa 12 Jul 2016 16:12 WIB

Angkutan Gratis Sepeda Motor dari Yogya Baru Terisi 50 Persen

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Pemudik menunjukkan formulir pendaftaran angkutan gratis untuk sepeda motor di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (21/6).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Pemudik menunjukkan formulir pendaftaran angkutan gratis untuk sepeda motor di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kota Yogyakarta tahun ini mendapat kuota angkutan 1.080 sepeda motor untuk diangkut secara gratis ke Jakarta. Kuota tersebut hingga kini baru terisi 50 persen.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kota Yogya, Golkari Made Yulianto, mengatakan, dari kuota tersebut sampai detik ini baru terisi 900 unit. "Kuota angkutan sepeda motor gratis ini dari Kementrian Perhubungan," katanya, Selasa (12/7)).

Peserta program balik gratis tersebut akan diberangkatkan dari Stadion Kridosono Yogya pada Sabtu (16/7) untuk sepeda motor, dan disusul Ahad (17/7) untuk penumpangnya.

Sementara itu kuota arus balik gratis bagi penumpang ada 2.484 penumpang. Untuk sepeda motor akan diangkut menggunakan 22 truk, sedangkan penumpangnya dengan bus kelas eksekutif.

Menurutnya, para peserta wajib melakukan pendaftaran ulang. Registrasi ulang tersebut akan dilayani pada 14 dan 15 Juli 2016 di Stadion Kridosono mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Pihaknya akan membuka loket khusus guna melayani pendaftaran ulang di dalam arena stadion melewati pintu masuk sisi timur.

Selama daftar ulang, peserta juga wajib membawa sepeda motornya yang diserahkan ke panitia. Bagi peserta yang tidak melakukan pendaftaran ulang, maka akan dinyatakan mengundurkan diri. "Ini kesempatan bagi pemudik dengan sepeda motor yang hendak balik ke Jakarta. Baik penumpang maupun sepeda motor, akan diturunkan di kompleks Taman Mini Indonesia Indah," ujarnya.

Jika sampai hari pendaftaran ulang kuota masih tersedia, maka panitia akan membuka pendaftaran secara langsung atau tidak melalui online. Hanya, pendaftaran langsung tersebut baru bisa dilayani pada 15 Juli 2016 setelah pukul 12.00 WIB. Saat pendaftar, calon penumpang harus menyerahkan fotokopi STNK, SIM C, KTP masing-masing penumpang serta kartu keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement