Selasa 12 Jul 2016 15:07 WIB

Siak Siap Jadi Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016

Rep: Sonia Fitri/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjung bermain dengan hewan koleksi areal Mini Zoo yang ada di Pekan Lingkungan Hidup Kehutanan 2016 di JCC Jakarta, Kamis (9/6). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Pengunjung bermain dengan hewan koleksi areal Mini Zoo yang ada di Pekan Lingkungan Hidup Kehutanan 2016 di JCC Jakarta, Kamis (9/6). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak, Provinsi Riau ditunjuk menjadi tuan rumah Hari lingkungan hidup sedunia atau World Environtment Day (WED) 2016. Penyelenggaraannya akan berlangsung pada 23 Juli 2016 mendatang dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri.

Kota Siak tercatat sebagai salah satu kota kecil terbersih di Indonesia dan merupakan kota adminiatratif yang pernah meraih piala Adipura tingkat nasional. Siak juga dikenal sebagai Negeri Istana. Dalam sejarahnya, kota tersebut pernah menjadi pusat kerajaan melayu dan berjaya lebih dari dua abad.

"Masyarakat Siak telah bersiap menyambut penyelenggaraan WED 2016, semua persiapan sudah dimatangkan," kata Bupati Siak Syamsuar dalam konferensi pers, Selasa (12/7).

Masyarakat Siak berbahagia karena daerahnya menjadi tempat perdana penyelenggaran WED di luar Jawa. Pada tahun-tahun sebelumnya, WED selalu diselenggarakan di Jakarta atau Bogor.  

Ia menerangkan, puncak acara WED akan berlokasi di halaman istana megah peninggalan Kesultanan Siak bernama istana Asseraiyah Hasyimiyah. Istana tersebut dulunya merupakan tempat tinggal resmi sultan siak yang juga pahlawan nasional Indonesia Sultan Syarif Kasim II.

Presiden akan masuk ke bangunan yang telah dibangun sejak 1889 tersebut. Sebelumnya, tokoh Indonesia yang pernah memasuki istana tersebut adalah Wakil Presiden Hatta.

Selain mengunjungi istana, Presiden diagendakan melakukan penanaman pohon di halaman istana serta menyerahkan sejumlah penghargaan nasional kepada penerima Kalpataru, Nirwasita Tantra Award, Adipura Paripurna, Buwana dan Kirana serta Adiwiyata Mandiri. Penerima penghargaan yakni Pemerintah Kabupaten dan Kota Kota hingga Gubernur, Bupati, Walikota serta tokoh pemerhati lingkungan hidup.

Presiden juga diagendakan melepas benih ikan patin dan baung sebanyak 100 ribu ekor ke sungai Siak dengan diikuti oleh 300 sampan. Masing-masing sampan turut melepaskan sekitar 300-350 ekor benih ikan.

Meneri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar juga dijadwalkan meresmikan ruang terbuka hijau di momen WED. Ia akan menamam 5 ribu pohon bersama pelajar di halaman Islamic Center Siak. Menteri Siti juga akan menetapkan perubahan fungsi kawasan Danau Zamrud sebagai salah satu cagar alam yang masih terpelihara keasliannya menjadi Taman Nasional Zamrud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement