Selasa 12 Jul 2016 13:34 WIB

Harga Cabai dan Bawang di Medan Turun

Rep: Issha Harruma/ Red: Ani Nursalikah
 Warga memilih bawang dan cabai saat digelar pasar murah. (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga memilih bawang dan cabai saat digelar pasar murah. (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Harga sejumlah komoditas sayuran di kota Medan mengalami penurunan pascaLebaran 2016. Penurunan harga ini terpantau terjadi pada bawang dan cabai.

Di pasar Sukaramai, harga bawang merah dan bawang putih Rp 36 ribu per kilogram. Harga ini turun dari harga ketika menjelang Lebaran, yakni Rp 40 ribu per kilogram.

Untuk cabai merah berada di harga Rp 20 ribu per kilogram dari harga saat menjelang Lebaran Rp 35 ribu per kilogram. Untuk cabai hijau, dihargai Rp 20 ribu per kilogram dari Rp 24 ribu per kilogram dan cabai rawit Rp 30 ribu dari Rp 50 ribu per kilogram.

"Turunnya udah tiga, empat hari ini lah. Gara-gara pembeli udah kurang kan jadi harga turun. Waktu Lebaran, orang banyak masak," kata Mega Sinulingga (55 tahun) saat ditemui Republika.co.id, Selasa (12/7).

Di pasar Petisah, harga untuk komoditas bawang dan cabai juga terpantau sama. Salah seorang pedagang di pasar ini, Ika Hutagalung (20) mengatakan penurunan harga mulai terjadi sejak kemarin.

"Lagi banyak pasokan jadi turunlah harganya," kata Ika.

Salah seorang pembeli, Rani (47), menilai meski mengalami penurunan jika dibanding saat menjelang Lebaran lalu, namun harga komoditas bawang dan cabai yang ia beli masih tergolong tinggi. Ia pun berharap harga komoditas tersebut masih akan turun.

"Masih berat juga kita. Kalau bisa turun lagi lah," ujar Rani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement